28 Dosen UIN Bandung Terima Sertifikat Kompetensi Internasional

Notification

×

Iklan

Iklan

28 Dosen UIN Bandung Terima Sertifikat Kompetensi Internasional

Rabu, 08 September 2021 | 08:30 WIB Last Updated 2021-09-08T01:30:41Z


NUBANDUNG
– Sebanyak 28 dosen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung lolos uji kompetensi internasional yang diselenggarakan oleh International Boards of Standars (IBS), anggota American Academy yang bergabung bersama CHEA International Quality Group.


Sertifikat kompetensi diserahterimakan langsung secara virtual oleh Presiden Chapter Asia Pasific, Prof. Fauzi Hasan, kepada Rektor UIN Bandung, Prof. Mahmud, di Gedung O Djauharuddin AR, Bandung, Selasa (07/09/2021).


Dalam sambutannya, Prof. Fauzi Hasan menyebutkan bahwa uji kompetensi ini merupakan pengakuan (rekognisi) bahwa dosen UIN Bandung memiliki kompetensi yang diakui oleh lembaga internasional.


“Pencapaian tingkat internasional pada individu dan institusi itu merupakan keharusan. Kami, American Academy ada di 174 negara. Berusaha memberikan pengakuan kompetensi kepada para profesional, salah satunya di Indonesia. Saat ini merupakan satu-satunya yang diakui oleh Kemendikbudristek,” jelasnya.


Rektor UIN Bandung, Prof. Mahmud menyatakan, bersyukur dengan bertambahnya dosen yang mendapatkan rekognisi internasional. Setelah ada sembilan orang di tahap awal, kini ada dua puluh delapan orang yang lolos uji kompetensi.


“Kita tidak bisa hanya memiliki kompetensi di tingkat lokal, tetapi harus juga tingkat internasional. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih banyak dari sekarang. Program ini harus dikawal terus agar ada peningkatan. Lembaga kita tidak hanya bergengsi di tingkat nasional, tetapi meraih pengakuan global,” jelasnya.


Pembuktian di lapangan


Prof. Mahmud mengingatkan bahwa para penerima sertifikat kompetensi tersebut, tidak hanya merupakan hasil perjuangan pribadi juga Institusi.


“Untuk teman-teman yang hari ini memperoleh pengakuan internasional, harus dibuktikan di lapangan. Jangan hanya bangga mendapatkan sertifikat,” tegasnya.


Rektor pun mengajak agar terus dilakukan perbaikan untuk kemajuan organisasi. “Mari melakukan perubahan menjadi lebih baik, secara individu dan institusi. Kita harus sadar berada di lembaga Islam. Memberi manfaat untuk institusi agar semakin baik lagi. Tim kerja harus terus ditata. Agar sama-sama bekerja dan bekerja bersama. Syukuri anugerah melalui institusi dimana kita bekerja,” ujarnya.


Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Rosihon Anwar menegaskan diraihnya sertifikat keahlian internasional mendukung perolehan rekognisi di tingkat regional Asia Tenggara tahun 2025 dan selanjutnya di tingkat global.


“Pak Rektor selalu memberikan arahan dan mengingatkan kami di jajaran pimpinan untuk meraih prestasi terbaik demi kemajuan lembaga,” jelasnya.


Ke-28 dosen tersebut yaitu Prof. Mahmud (Certified in Science Education Expert), Prof. Rosihon Anwar (Certified in Humanistic Studies), Prof. Tedi Priatna (Certified in Educational Administration and Management), Prof. Ah. Fathonih (Certified International Economic Law Professional), Prof. Ulfiah (Certified Psychological Counselling Expert), dan Dr. Hariman S. Siregar (Certified in Educational Administration and Management).


Kemudian Dr. Teti Ratnasih (Certified International Parenting Specialist), Dr. R. Yuli Ahmad Hambali (Certified in Philosophy and Ethics), Dr. Izzah Faizah SRK (Certified in Humanistic Studies), Dr. Iu Rusliana (Certified Human Resource Analyst), Dr. Syahrul Anwar (Certified International Law Analyst), Dr. Irfan Fahmi (Certified International Psychology Professional), Prof. Dindin Solahudin (Certified Human Resource Analyst), Dr. Andang Saehu (Certified in Humanistic Studies), Rohanda, M.Ag (Master Quality Manager), dan Dr. Hasniah Aliah (Certified Materials Science and Engineering Expert).


Ditambah Dr. Ana Widiana (Certified Conservation Ecology Expert), Ahmad Taofik, MP. (Certified International Purchasing Professional), Mufid Ridho Effendi, MT. (Certified Computer Networking Expert), Dr. Bebeh W. Nuryadin (Certified Nano Material Science and Engineering Expert), Agung Wahana, MT. (Master Project Manager), Dr. Tety Sudiarti (Certified Polymer Technology Expert), Dr. Moh. Dulkiah (Certified in Sociology and Politics), Dr. Adon Nasrullah Jamaludin (Certified in Sociology of Religion), Dr. Kustana (Certified in Sociology and Politics), Dr. Fisher Zulkarnain (Certified in Politics and International Studies), Khaerul Umam, M.Ag., dan Dr. Dadang H. Sobana (Certified Strategic Business Analyst).***