Notification

×

Iklan

Iklan

5 Keunikan Garut Kota Intan!

Selasa, September 07, 2021 | 15:28 WIB Last Updated 2021-09-13T15:45:19Z


NUBANDUNG
– Banyak kok hal-hal unik tentang Garut yang super indah. Mulai dari pemandangan alamnya, budayanya sampai kulinernya yang asyik-asyik memanjakan kamu yang kebetulan berwisata ke Garut.


Nah, ini nih 5 keunikan Garut yang wajib kamu tahu.


1. Switzerland van Java


Kenapa sih Garut dijuluki Switzerland van Java atau Swiss van Java? Nah, semua itu gara-gara seorang fotografer perempuan bernama Thilly Weissenborn yang memotret keindahan alam Garut dengan pegunungannya yang membentang, mirip dengan yang ada Swiss. Gara-gara foto-fotonya si Thilly, Garut sampai mendunia lho! Bahkan jadi wisata internasional populer pada tahun 1920-an.


2. Kunjungan Charlie Chaplin


Mungkin kalian ada yang belum tahu ya, kalau komedian legendaris dunia, Charlie Chaplin, pernah dua kali lho berkunjung ke Garut. Kunjungan pertama tahun 1932 ditemani aktris Mary Pickford dan yang kedua tahun 1936 ditemani aktris Paulette Goddard. Gokil ya Garut.


3. Gunung Mirip Piramida


Ada satu gunung di Garut, namanya Gunung Sadahurip yang disebut-sebut mirip piramida di Mesir. Bahkan, dulunya ada yang mengatakan bahwa Sadahurip adalah piramida yang utuh, bukan gunung yang menyerupai piramida. Ya, meskipun penelitian terbaru mengungkap bahwa Gunung Sadahurip bukanlah piramida, melainkan gunung alami. Hanya bentuknya saja sih, sekilas mirip. Tapi, wisata ke gunung ini boleh juga, asyik lah.


4. Bunga Edelweis


Kalau kamu ke wisata ke Garut, jangan lupa main-main ke Gunung Papandayan ya. Di sana ada padang Tegal Alun yang dipenuhi dengan bunga edelweis, salah satu flora khas yang hanya tumbuh di ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Pokoknya, nggak nyesal deh kalo datang ke Garut.


5. Kuliner Khas, Dodol Hingga Es Campur


Seperti kebanyakan daerah Jawa Barat lainnya, Garut juga punya segudang kuliner khas yang bikin lidah semakin manja. Salah satunya yang terkenal di Indonesia, bahkan sampai luar negeri adalah Dodol Garut. Nah, ada kuliner lain seperti Dorokdok, Sambal Cibiuk, Burayot, Emplod, dan yang tak kalah terkenal, Es Campur Sinar Garut Asli. Seger, manis, mantap.

X
X