Inilah 8 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah 8 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 17 Desember 2021 | 14:42 WIB Last Updated 2021-12-17T07:42:15Z


NUBANDUNG
- Ternyata, bersepeda memiliki banyak keuntungan lain selain menurunkan berat badan. Dilansir dari Healthline, ini beberapa manfaat olahraga bersepeda bagi kesehatan. 


1. Mengatur berat badan


Bersepeda secara rutin, terutama dengan intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh. Hal ini mendorong pengelolaan berat badan yang sehat. Dampaknya, metabolisme meningkat dan otot terbentuk. Kalori tetap terbakar meskipun sedang jeda di sela aktivitas bersepeda. 


2. Memperkuat kaki


Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki. Tepatnya di area paha depan, bokong, paha belakang, dan betis. 


3. Bagus untuk pemula


Naik sepeda itu sederhana. Jika Anda mengalami kesulitan dengan sepeda standar, cobalah sepeda stasioner. Anda juga bisa memulai dengan intensitas atau kecepatan rendah. 


4. Melatih otot inti


Bersepeda juga melatih otot inti, termasuk punggung dan perut. Mempertahankan tubuh tegak dan menjaga sepeda pada posisinya membutuhkan sejumlah kekuatan inti.


Otot perut dan punggung yang kuat menopang tulang belakang, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.

 

5. Meningkatkan kesehatan mental


Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Fokus pada jalan saat bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan momen saat ini. 


Jika Anda merasa lesu atau lesu, cobalah bersepeda selama 10 menit. Olahraga ini melepaskan endorfin, yang pada membantu membuat perasaan lebih baik dan menurunkan tingkat stres.


6. Mencegah kondisi medis


Bersepeda secara teratur adalah salah satu cara untuk menghindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan masalah kesehatan yang menyertainya.


Olahraga ini dapat membantu mencegah masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.


7. Ramah lingkungan


Kurangi jejak karbon dengan mengendarai sepeda. Bersepeda adalah pilihan transportasi yang tepat bagi Anda yang harus duduk untuk waktu lama dalam perjalanan. 


8. Meningkatkan keseimbangan, postur, dan koordinasi


Olahraga bersepeda meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur secara keseluruhan. Keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan tidak aktif, jadi sangat penting untuk menjaganya. Peningkatan keseimbangan ini membantu dalam pencegahan jatuh dan patah tulang.