Notification

×

Iklan

Iklan

Luar Biasa! Mahasiswa UIN Bandung Dilatih Mendeley

Selasa, September 14, 2021 | 16:15 WIB Last Updated 2021-09-16T11:21:14Z

 


NUBANDUNG - Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan acara Latihan Mendeley untuk Mahasiswa yang berlangsung melalui Zoom Meeting Pukul 07.00-08.40 WIB., Selasa, (14/09/2021).


Kegiatan latihan yang menghadirkan Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., dan Busro, M.Ag., personalia Laboratorium Fakultas Ushuluddin sekaligus pengelola Sentra Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung tampil sebagai pemateri ini merupakan inisiatif Semester V Kelas B dan C Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.


Mendeley adalah sebuah perangkat lunak untuk mengintegrasikan citation & reference manager sehingga peneliti di berbagai belahan dunia dapat melakukan sharing data penelitian.


UIN Sunan Gunung Djati Bandung menganut jenis sitasi APA (American Psychological Association) style dalam pedoman penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jenis ini digunakan dalam dua bagian utama penulisan, yaitu pengutipan dalam teks (in-text citation) dan daftar pustaka. Karena itu, mahasiswa diarahkan untuk menguasai berbagai aplikasi pengutipan semisal Mendeley.


Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., sangat mendukung kegiatan ini. “Kita pastikan semua mahasiswa terlatih menerapkan Mendeley melalui pendampingan laboratorium untuk memenuhi pedoman,” papar Dekan.


Busro, M.Ag., personalia Laboratorium Fakultas Ushuluddin dan sekaligus pengelola Sentra Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan materi latihan meliputi install Mendeley, pengelolaan referensi, dan operasi praktis sitasi dan daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah.


“Mengapa mahasiswa tidak diarahkan untuk penggunaan software APA style fitur references pada fasilitas manual Microsoft Word. Karena generasi baru pasti lebih adaptif dalam penerapan perangkat lunak otomatis semisal Mendeley. Silakan gabung di latihan-latihan mendatang untuk seluruh mahasiswa,” tutur Busro.


Hadir sekitar 80 mahasiswa di kegiatan ini dari berbagai jurusan dan angkatan. Mahasiswa sangat antusias mengikuti pelatihan dilihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan. Acara ini disiarkan langsung dari Studio Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Indonesia.

X
X