Terkaya di Dunia, Elon Musk Geser Posisi Jeff Bezos

Notification

×

Iklan

Iklan

Terkaya di Dunia, Elon Musk Geser Posisi Jeff Bezos

Kamis, 30 September 2021 | 12:57 WIB Last Updated 2021-09-30T06:46:07Z


NUBANDUNG
- Bos Tesla Elon Musk kini dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia mengalahkan Founder Amazon Jeff Bezos, berdasarkan laporan Forbes 'The Real Time Billionaires List'. 


Musk kini tercatat memiliki kekayaan senilai US$ 201,1 miliar pada 2021 atau naik US$ 832 juta (0,42%). Forbes mencatat sumber kekayaan Musk berasal dari Tesla dan SpaceX. Sementara kekayaan Bezos tahun ini justru turun US$ 759 juta menjadi US$ 192,3 miliar, dan bersumber dari Amazon.


Elon Musk memang dikenal sebagai bos dengan dua perusahaan yang sensasional, produsen mobil listrik Tesla, dan produsen roket SpaceX. Dia memiliki 21% saham Tesla tetapi telah menjaminkan lebih dari setengah sahamnya sebagai jaminan untuk pinjaman. 


Jumlah kekayaan yang dihitung Forbes pun telah memperhitungkan jumlah saham yang dijadikan jaminan pinjaman. Dia mengundurkan diri sebagai chairman Tesla pada tahun 2018, setelah membuat dugaan pernyataan palsu tentang rencana untuk menjadikan Tesla sebagai pribadi, yang memicu penyelidikan SEC. 


SpaceX, perusahaan roket Musk, sekarang bernilai U$74 miliar setelah putaran pendanaan terakhirnya pada Februari 2021. 


Sementara Jeff Bezos merupakan pendiri raksasa e-commerce Amazon pada 1994, dan kini telah mengundurkan diri dari puncak pimpinan perusahaan tersebut pada Juli 2021. 


Amazon berkembang pesat selama pandemi, dengan pendapatan pada 2020 tumbuh 38% menjadi US$ 386 miliar karena orang-orang tinggal di rumah dan melakukan pembelian online.


Pada April 2020, Bezos mengatakan dia akan memberikan US$ 100 juta kepada Feed America, sebuah organisasi nirlaba yang mengoperasikan bank makanan dan dapur makanan di seluruh negeri. 


Meski demikian, di balik pertumbuhan tersebut Amazon telah menghadapi kritik dari para senator AS dan masyarakat umum atas perlakuannya terhadap pekerja gudang selama pandemi.