Notification

×

Iklan

Iklan

Bila Anda Berkunjung Ke Ibu Kota, Jangan Lupa 7 Kuliner Jakarta Legendaris Ini

Kamis, Oktober 07, 2021 | 13:32 WIB Last Updated 2021-10-07T06:32:12Z


NUBANDUNG
– Jakarta sebagai ibu kota negara, menjadi pusat akulturasi dan asimilasi berbagai budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Hal inilah yang membuat kuliner Jakarta beragam, bahkan ada yang sudah menjadi sajian legendaris.


Jenis kulinernya sangat beragam dan memiliki karakter masing-masing. Berikut ini ada 7 kuliner Jakarta legendaris yang mampu bertahan sejak lama.


1. Bakmi Gang Kelinci


Bakmi Gang Kelinci menjadi kuliner Jakarta legendaris yang wajib dicoba. Restoran bakmi ini dirintis sejak tahun 1957.


Kini, keberadaannya sudah tersebar luas di kota Jakarta, cabangnya ada di Pasar Baru, Cengkareng, Kuningan, Menteng, Kemayoran, Blok M, serta Grogol.


Menu yang disajikan cukup banyak, mulai dari bakmi ayam, i fu mie, kwetiau, sampai nasi goreng. Keunggulannya, diolah juru masak mumpuni, menggunakan bahan terbaik, sehingga dijamin lezat.


2. Gabus Pucung Dapur Betawi


Gabus pucung merupakan masakan khas Betawi berupa olahan ikan gabus serta kluwek dengan rasa gurih dan asam. Nah di Jakarta, penjual gabus pucung yang sudah melegenda, yakni Gabus Pucung Dapur Betawi Cabe 5.


Selain menyajikan gabus pucung yang lezat, tempat ini juga bernuansa tempo dulu. Lokasinya berada di Jl. Raya Parung, Ciputat.


3. Laksa Betawi Assirot


Laksa Betawi Assirot menjadi salah satu kuliner Jakarta yang sudah melegenda sejak tahun 1978. Dengan racikan resep yang sudah turun-temurun. Lokasinya ada di di Jalan Assirot, Kebayoran Lama.


Kenikmatannya berasal dari perpaduan sempurna antara kuah santan penuh rempah dan beraneka macam olahan lainnya. Antara lain ketupat, tauge, daun kemangi, daun kucai, dan bawang goreng.


Para pengunjung pun bisa memilih lauk tambahan. Seperti semur daging, empal, jengkol, tahu, tempe, kentang, dan telur.


4. Martabak Pecenongan


Kudapan manis ini, sudah sohor dan melegenda sejak lama. Di sini, Anda bisa memilih beraneka topping, mulai dari keju, coklat, kacang, hingga green tea dan red velvet.


Bagi yang penasaran dengan kelezatan Martabak Pecenongan bisa langsung meluncur ke Jalan Pecenongan Raya No.65 A. Kini, martabak ini pun sudah membuka cabang di sejumlah kota di Indonesia.


5. Mie Ayam Gondangdia


Berikutnya ada restoran Mie Ayam Gondangdia yang juga legendaris. Lokasinya berada di Jalan RP Soeroso No. 36, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.


Tempat makan mi ayam tersebut sudah berdiri sejak tahun 1968 dan telah memiliki banyak pelanggan setia. Keunggulannya, tekstur mi begitu lembut, ayamnya empuk dan manis, dan kuah yang gurih.


6. Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani


Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi yang sudah umum sebagai menu sarapan. Salah satu yang legendaris, yakni Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani yang sudah ada dari tahun 1967. Alamatnya di Jalan Kebon Kacang Raya, Tanah Abang.


Kedai nasi uduk ini berawal dari sebuah gerobak kecil. Sudah melewati perubahan lokasi dan nama beberapa kali. Namun satu yang tidak berubah, yaitu kelezatan nasi uduk dan ayam gorengnya.


7. Soto Betawi H. Ma’ruf


Soto Betawi merupakan olahan perpaduan santan, kentang, tomat, potongan daging sapi, kambing atau jeroan. Masakan ini merupakan salah satu santapan khas Jakarta yang mudah ditemui di mana-mana. Namun salah satu legendarisnya, yakni Soto Betawi H. Ma’ruf.


Soto Betawi H. Ma’ruf yang lezat dan autentik ini, sudah dirintis sejak tahun 40-an. Berlokasi di Jl. Cikini Raya No. 73 dan memiliki cabang di Jl. RP Soeroso, Plaza Atrium, Jl. Pramuka, dan Jl. Tebet Raya.


Itulah 7 rekomendasi kuliner Jakarta yang legendaris dan patut dicoba kala berkunjung ke ibu kota. Tapi jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan 6M, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, serta menghindari makan bersama.

X
X