Inilah 7 Fakta Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Buah Naga

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah 7 Fakta Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Buah Naga

Sabtu | Oktober 23, 2021 Last Updated 2021-10-23T07:01:14Z


NUBANDUNG
– Di berbagai belahan dunia, buah ini dikenal karena kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik. Sering kali disebut sebagai pitahaya atau pir stroberi bagi sebagian orang.


Oleh karena tampilannya yang unik dan kandungan nutrisi di dalamnya, buah ini populer di kalangan pencinta kuliner yang sadar akan kesehatan. Sedikitnya ada tujuh alasan sekaligus manfaat buah naga untuk kesehatan.


1. Tinggi nutrisi


Buah ini rendah kalori, tetapi dikemas dengan vitamin dan mineral penting. Ini juga mengandung sejumlah besar serat makanan. Dalam satu porsi (227 gram) mengandung kalori 136, protein 3 gram, lemak 0 gram, karbohidrat 29 gram, dan serat 7 gram. Kandungan lainnya adalah besi 8% dari RDI, magnesium 18% dari RDI, vitamin C 9% dari RDI dan vitamin E 4% dari RDI.


Selain nutrisi penting, buah lezat ini juga memasok senyawa tanaman yang bermanfaat, seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin.


2. Dapat membantu melawan penyakit kronis


Bukan rahasia, radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah naga.


3. Kaya akan serat


Buah naga menawarkan 7 gram serat per porsi. Ini menjadikan pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.


4. Mempromosikan usus yang sehat


Secara alami, buah bernama Latin Selenicereus undatus dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus. Tentu saja, bakteri yang berhubungan dengan salurah pencernaan yang sehat. Usus manusia adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri.


5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


Pasokan vitamin C dan karotenoid yang tinggi dari buah ini dapat menawarkan sifat penambah kekebalan tubuh.


6. Dapat meningkatkan zat besi


Bersama dengan vitamin C, buah naga memasok zat besi. Keduanya merupakan kombinasi yang dapat meningkatkan penyerapan tubuh Anda terhadap mineral penting ini.


7. Sumber magnesium yang baik


Selain vitamin C, buah ini merupakan sumber magnesium (18% dari kebutuhan harian/ RDI). Nutrisi ini dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh Anda.