Inilah Cara DKM Ikomah UIN Bandung, Peringati Maulid Nabi

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Cara DKM Ikomah UIN Bandung, Peringati Maulid Nabi

Minggu | Oktober 31, 2021 Last Updated 2021-10-31T08:10:46Z


NUBANDUNG - DKM Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan lomba kultum antar majelis taklim se-Bandung Timur dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad, Sabtu (30/10/2021).


Kegiatan lomba kultum kali ini diikuti oleh 25 peserta dari berbagai majelis ta'lim se-Bandung Timur serta dihadiri kedua dewan juri yakni Ustadz Asep Rizal Khaerudin, M.Pd.I dan Ustadz Dr. H. Cecep Anwar, M.Ag.


Ustadz A Bachrun Rifai, Ketua DKM Ikomah dalam sambutannya menjelaskan bahwa lomba kultum yang diadakan hari ini merupakan program terakhir di tahun 2021.


"Ide dari acara lomba ceramah kultum ini untuk menggali potensi yang ada di ibu-ibu majelis taklim di Kecamatan Cibiru dan Panyileukan," ucapnya. 


Ustadzah Nia Kurniati, Ketua Majelis Ta'lim Masjid Ikomah memberikan pesan kepada peserta lomba maupun jamaah.


"Nilai kualiatas tergantung pada niat kita, yang pertama dan utama bukanlah kemenangan akan tetapi sebuah bakat kita ditampilkan untuk menggali upaya kita untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan tampil di muka umum," ujarnya.


Selain itu  Ustadz Dr. H. Cecep Anwar, M.Ag selaku dewan juri mengungkapkan kriteria penilaian bagi pemenang lomba kultum.


"Kriterianya ialah adab, penguasaan materi, pembendaharaan bahasa, penguasaan publik atau panggung, intonasi dan ekspresi wajah," ungkapnya.


Pemenang juara lomba kultum diantaranya; juara pertama diraih oleh Suratin dari MT At Toyibah, juara kedua diraih oleh Asaroh, dari MT Ar Rohman, juara ketiga diraih oleh Saodah dari MT At Toyibah, juara harapan pertama diraih oleh Een Aisyah dari MT Al Muhajir, juara harapan kedua diraih oleh Yati dari MT An Nasir, juara harapan ketiga diraih oleh Lilis Sulastri dari MT Ibnu Syaiif.


Suratin, pemenang pertama lomba kultum mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangannya dan berharap dapat dijadikan motivasi bagi yang lain.