Notification

×

Iklan

Iklan

PW Muhammadiyah Jawa Barat: Kuliah di UMBandung Bukan Sekadar Mengejar Gelar

Selasa, Oktober 05, 2021 | 15:41 WIB Last Updated 2021-10-05T08:41:04Z


NUBANDUNG
– Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat Jamjam Erawan bersyukur kepada Allah SWT karena ada 1510 mahasiswa baru yang diterima kuliah di Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung).


”Alhamdulillah kita bersyukur tiada hentinya kepada Allah bawah kita masih diberi kesempatan untuk menyempurnakan bakti kita, menyempurnakan amal saleh kita, serta menyempurnakan karya-karya terbaik kita melalui UMBandung sebagai salah satu Amal Usaha Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah dari 20 PTMA yang ada di wilayah Jawa Barat,” kata Jamjam dalam sambutan mewakili Ketua PWM Suhada yang berhalangan hadir, dalam acara pekan sosialisasi dan orientasi mahasiswa baru (Pesonamu), Senin (04/10/2021).


Jamjam mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih kepada rektor dan wakil rektor UMBandung, wabilkhusus kepada panitia penerimaan mahasiswa baru, alhamdulillah pada saat ini, mahasiswa baru yang kuliah di UMBandung bertambah.


”Ini adalah amanah yang diberikan Allah, ada 1510 mahasiswa yang dititipkan melalui UMBandung. Untuk itu tentu kita harus menjaga dan merawat amanah ini, melalui pelayanan yang prima dan menyenangkan sehingga mereka nantinya bisa menjadi kader-kader (Muhammadiyah) masa depan yang tangguh, kuat, yang berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, sehingga mereka menjadi kader persyarikatan, kader umat, dan kader bangsa yang memiliki integritas yang agung dan mulia, memiliki intelektualitas yang kritis konstruktif dan memiliki kepekaan kepedulian pada sesama yang menghadapi berbagai problem di dalam hidupnya,” ucap Jamjam.


Tidak lupa Jamjam juga menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru. Menurut Jamjam, para mahasiswa baru ini masuk ke UMBandung tidak semuanya langsung daftar ke UMBandung. Bisa jadi pernah tes ke sana kemari, tetapi Allah menunjukkan tempat yang tepat untuk menuntut ilmu,  mengembangkan diri, dan melatih berkolaborasi dengan semua elemen yang akan melatih menjadi hamba yang arif, bijak dan elegan, yakni di UMBandung.


Jamjam mengingatkan kepada para dosen bahwa mahasiswa yang ada di UMBandung ini adalah titipan dan amanah dari Allah. Mereka tidak dititipkan kepada yang lain, tetapi dititipkan kepada para dosen yang ada di UMBandung.


”Insyaallah merekalah nanti yang akan menjadi salah satu jalan untuk bapak-ibu bisa cepat mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Dari merekalah nanti bapak-ibu akan bangga dan bahagia, pada tahun 2030, tahun 2040, mereka akan tampil ada di berbagai media. Ada yang menjadi menteri, ada yang menjadi gubernur, bupati, pengusaha, peneliti, bahkan bisa jadi dari UMBandung ini akan lahir presiden republik Indonesia,” tutur Jamjam.


Untuk itu, Jamjam mengajak kepada seluruh dosen dan para mahasiswa untuk menguatkan dan membulatkan tekad bahwa belajar di UMBandung bukan sekadar mengejar gelar. Namun, hal yang terpenting yakni bagaimana menjadi manusia yang bermanfaat untuk hidup dan kehidupan.


”Khairunnas anfa’uhum linnas, sebaik-baik manusia adalah manusia yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Semoga Allah senantiasa memudahkan, melancarkan, dan menyukseskan acara ini sehingga nantinya bisa melahirkan kader-kader terbaik bangsa serta negara,” pungkas Jamjam.

X
X