Bandung Barat Diguyur Hujan Deras, 4 Titik Wilayahnya Terjadi Longsor

Notification

×

Iklan

Iklan

Bandung Barat Diguyur Hujan Deras, 4 Titik Wilayahnya Terjadi Longsor

Kamis | November 04, 2021 Last Updated 2021-11-04T02:08:13Z


NUBANDUNG
– Intensites hujan yang cukup tinggi sejak Selasa sore (2/11/2021), di wilayah Bandung Barat mengakibatkan tanah longsor di sejumlah titik.


Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, sedikitnya ada empat titik longsor yang terjadi dalam waktu yang berdekatan, Selasa, (2/11/2021) sore hari.


Musibah longsor antara lain terjadi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang. Akibat tanah longsor mengakibatkan akses Jalan Kolmas antara Cimahi-Lembang, sempat terputus.


Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KBB, Duddy Prabowo, mengatakan, intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan tebing longsor di tepi Jalan Kolonel Masturi. Material berupa tanah dan pepohonan menutupi badan jalan.


“Satu akses jalan tertutup di Imah Seniman, menutup badan jalan. Sekarang sedang proses evakuasi untuk buka jalur. Untuk sementara akses kita tutup. Belum bisa dilintasi,” katanya kepada wartawan, Selasa (2/11/2021).


Duddy menjelaskan, longsor juga terjadi di sejumlah titik lain. Sementara ini, peristiwa itu dilaporkan terjadi di wilayah Bandung Barat bagian utara seperti di Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua.


“Satu di Desa Cigugur Girang kemudian di Cisarua, Cikole dan Cikahuripan. Semua di wilayah Utara,” ujarnya.


Dudy menambahkan, pihaknya sudah memerlukan petugas untuk melakukan evaksusi tanah longsor di tepi jalan tersebut. Beruntung belum ada laporan korban jiwa akibat tanah longsor itu.


Meski demikian, Duddy mengimbau kepada para pengendara untuk sementara waktu agar menghindari akses jalur Kolonel Masturi.


“Masuk musim hujan untuk senantiasa tingkatkan kewaspadaan terutama berdomisili di tempat rawan longsor termasuk akses ke lokasi wisata perlu kewaspadaan terutama hujan deras dan angin kencang,” katanya.