5 Manfaat Daun Pohpohan untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Manfaat Daun Pohpohan untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Sabtu, 08 Januari 2022 | 13:42 WIB Last Updated 2022-01-08T06:42:21Z

 


NUBANDUNG – Pernahkah kamu melihat daun pohpohan? Jika kamu suka makan lalapan, mungkin kamu tak asing dengan daun yang bentuknya mirip sirih ini. Di balik rasanya yang segar, rupanya daun bertekstur agak kasar ini juga menyimpan manfaaat untuk kesehatan, lho.

Punya aroma mentol, membuat daun ini nikmat dimakan bersama cocolan sambal terasi atau dadak yang segar. Selain dilalap, pohpohan juga nikmat dibuat campuran pepes ikan teri, direbus jadi sayur pecel, atau ditumis dengan cabai rawit.

Nah, di balik sajian nikmat pohpohan kamu juga bisa menyerap manfaatnya yang baik untuk tubuh. Sambil makan enak, tubuh pun sehat. Berikut manfaat pohpohan, si lalapan segar yang penuh khasiat.

1. Mencegah dehidrasi


Melansir dari International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2016, daun dengan nama ilmiah pilea melastomoides ini punya kandungan potasium yang tinggi. Mineral ini dibutuhkan tubuh untuk mencegahnya dari dehidrasi akibat kekurangan cairan. Dehidrasi juga dapat memicu penyakit jantung dan ginjal.

2. Mencegah pengeroposan tulang


Pohpohan juga punya kandungan kalsium yang tinggi. Jadi tak heran daun ini dapat dimanfaatkan sebagai makanan sehat penguat tulang guna mencegah pengeroposan. Bukan hanya itu, kalsiumnya juga baik untuk kesehatan gigi, lho.

3. Membantu mengatasi nyeri haid


Nyeri haid memang sangat mengganggu perempuan. Jangan khawatir karena kalsiumnya yang tinggi, pohpohan dapat dimanfaatkan sebagai obat alami guna mengatasi rasa sakit haid. Jadi, enggak ada salahnya coba menyisipkan pohpohan dalam makananmu saat haid.

4. Mengontrol tekanan darah


Tekanan darah yang tinggi dapat memicu banyak penyakit mematikan, salah satunya jantung. Agar dapat terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, kamu bisa menyelipkan pohpohan sebagai makanan pengontrol tekanan darah.

5. Mencegah kulit kering


Kaya akan kandungan mineral dan antioksidan, pohpohan juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan pelembap kulit. Sifatnya yang moisturize, dapat mencegah kulit agar tak mudah kering. Selain itu, pohpohan juga bisa menjaga kulitmu agar tak kusam karena kandungan vitamin E di dalamnya.