Khasiat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Notification

×

Iklan

Iklan

Khasiat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Rabu, 26 Januari 2022 | 19:42 WIB Last Updated 2022-01-26T12:42:02Z

 


NUBANDUNG
  – Daun sirih merah dipercaya sebagai obat herbal yang efektif mengobati penyakit diabetes sampai kanker. Pernahkah Anda mendengar daun sirih merah? Daun sirih merah mungkin tidak sepopuler daun sirih. Namun, daun sirih merah menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Daun sirih merah masuk dalam jajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jadi, jangan heran bila banyak orang yang menanam daun sirih merah di halaman rumahnya.

Daun sirih merah populer di dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. Mengutip dari buku Daun Ajaib Tumpas Penyakit, karya Lina Mardiana masyarakat Keraton Yogyakarta menggunakan daun sirih merah secara turun temurun untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

Untuk Anda yang belum familiar, daun sirih merah memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah keperakan. Bila disobek, daun sirih merah berlendir dan mengeluarkan aroma wangi.

Batang daun sirih merah berbentuk bulat berwarna hijau keunguan. Daun sirih merah, merupakan tanaman herbal rambat.

Daun sirih merah bukanlah tanaman sembarang tanaman. Daun sirih merah dianggap ampuh menumpas sejumlah penyakit.

Daun sirih merah mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, karvakol, dan eugenol. Tidak hanya itu, daun sirih merah bersifat antiflamasi, antioksidan, antikanker, dan antiseptik.

Inilah yang membuat daun sirih merah kerab dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati sejumlah penyakit.

Belakangan obat herbal jadi idola sebagian orang. Sebab, obat herbal dipercaya lebih aman dan minim efek samping. Mengandung cukup banyak senyawa aktif, daun sirih merah diklaim sebagai tanaman herbal yang mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Berikut manfaat daun sirih sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

1. Obat diabetes


Diabetes, salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat tanah air. Seseorang yang menderita diabetes harus segera diobati agar penyakitnya tidak semakin parah.

Daun sirih merah bermanfaat sebagai obat herbal diabetes. Hal ini disebabkan daun sirih merah mengandung alkaloid dan flavonoid yang berfungsi menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup menyiapkan tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk.

Anda iris daun sirih merah tipis-tipis lalu rebus dengan tiga gelas air atau 600 ml. Anda rebus daun sirih merah sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 1,5 gelas.

Anda minum 1/2 gelas air rebusan daun sirih merah tiga kali sehari setelah makan.

2. Obat sakit jantung 


Daun sirih merah dipercaya efektif mengobati penyakit jantung. Mengutip dari buku berjudul Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini untuk mengobati penyakit jantung.

Bahan: (1) Daun sirih segar berukuran sedang 3-4 lembar dan (2) Air 4 gelas atau 800 ml. Anda cuci bersih daun sirih merah lalu rebus dengan air sampai mendidih dan menyisahkan air dua gelas. Anda saring air rebusan daun sirih merah.  Anda minum segelas air rebusan daun sirih merah selagi hangat dua kali sehari sebelum makan.

3. Obat kanker dan tumor 


Daun sirih merah bersifat antikanker dan mengandung alkaloid yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal inilah yang membuat daun sirih merah dipercaya mampu menumpas penyakit kanker dan tumor.

Melansir buku berjudul ”Kitab Tumbuhan Obat”, karya Ir. R. Syamsul Hidayat, M.Si., Rodame M. Napitupulu, S.P.,M.M. ada dua cara mengolah daun sirih merah sebagai obat herbal kanker dan tumor.

Pertama, daun sirih merah segar direndam di dalam air selama 30 menit. Setelah itu dikeringkan selama satu jam. Saat sudah kering Anda simpan daun sirih merah ditempat kedap udara.

Kedua, Anda rebus daun sirih merah segar dengan dua gelas air. Anda rebus daun sirih merah sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas.

Anda bagi air rebusan daun sirih merah menjadi tiga dalam ukuran yang sama. Anda minum air rebusan daun sirih merah tersebut tiga kali sehari sebelum makan.

Sekedar info, cara kedua di atas khusus untuk mengobati penyakit tumor payudara.

4. Sariawan dan gusi berdarah 


Mengutip dari Kompas.com, daun sirih merah juga bermanfaat sebagai obat herbal sariawan dan gusi berdarah.

Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup menyiapkan daun sirih merah lima lembar. Anda cuci daun sirih merah sampai bersih lalu rebus dengan dua gelas air.

Setelah air rebusan daun sirih merah mendidih dan menyisahkan satu gelas air, Anda dinginkan. Setelah itu Anda gunakan air rebusan daun sirih merah untuk kumur-kumur tiga kali sehari.

5. Merawat organ kewanitaan 


Sejak zaman dahulu, daun sirih merah dipercaya efektif mengobati keputihan dan merawat organ kewanitaan. Hal ini disebabkan daun sirih merah bersifat antiseptik.

Bila Anda ingin mencoba merawat organ kewanitaan, Anda rebus delapan daun sirih merah tua yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 800 ml air.

Setelah mendidih, Anda dinginkan air rebusan daun sirih merah. Lalu, Anda gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari.

Perlu Anda ketahui, ibu menyusui dan perempuan hamil sebaiknya menghindari untuk menggunakan daun sirih merah. Sedangkan, untuk anak-anak sebaiknya tidak menggunakan daun dirih merah secara berlebihan.

Opsi lainnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli obat herbal sebelum menggunakan daun sirih merah.