6 Gunung di Bandung Ini Aman dan Nyaman untuk Liburan

Notification

×

Iklan

Iklan

6 Gunung di Bandung Ini Aman dan Nyaman untuk Liburan

Senin, 28 Februari 2022 | 18:26 WIB Last Updated 2022-02-28T11:26:43Z

 


NUBANDUNG
 - Kota metropolitan yang padat dan gerah, membuat warganya tidak betah dengan kondisi itu. Karena itu, pada musim liburan banyak warga kota pergi ke gunung untuk mencari keademan dan ketentraman yang diberikan suasana pegunungan.

Selain suasana yang nyaman itu, pegunungan di Bandung juga memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk dijadikan tempat destinasi berwisata lho. Seperti akomodasi, terdapat hotel, vila, dan homestay.

Jalanan juga diaspal mulus, membuat wisatawan bisa menjangkau berbagai spot wisata yang saling berdekatan. Selain agrowisata, kawasan pegunungan Bandung Raya juga banyak menyediakan area perkemahan dan glamping.

Berikut beberapa pegunungan di kawasan Bandung yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan.


1. Gunung Manglayang


Pegunungan yang terletak di timur Kota Bandung ini memiliki ketinggian 1.818 Mdpl. Karakterisitik gunung ini memiliki vegetasi yang rimbun. Suasana hutan itu kian nyaman saat angin berhembus, apalagi pepohonannya berupa pohon pinus yang tak menghambat aliran udara. Tempat untuk menikmati semilir angin di hutan pinus ini berada di Batu Kuda di punggung Gunung Manglayang. Ditambah sedikit perlengkapan seperti tenda dan hammock bisa menjadikan sensasi berkemah yang menarik.


2. Gunung Burangrang


Gunung Burangrang menjadi kawasan favorit bagi para wisatawan. Sesampai di puncak gunung itu, lanskap kota di sekitar Gunung Burangrang terpampang apalagi saat cuaca cerah. Gunung setinggi 2.208 Mdpl itu terletak di Kecamatan Lembang yang melintang hingga ke Kabupaten Subang. Jangan khawatir, bagi yang punya hobi fotografi, puncak gunung ini memberi visual terbaik untuk swafoto.


3. Gunung Bukit Tunggul


Kawasan Gunung Bukit Tunggul bisa diakses dari dua arah, baik dari arah utara Bandung maupun timur Bandung. Dari arah utara, Gunung Bukit Tunggal bisa diakses daro Kampung Pasing Angling, Desa Sunten Jaya, Lembang. Sementara dari timur bisa diakses melalui jalur Ujungberung, nantinya akan melewati gerbang Desa Cipanjalu, Cilengkrang. Gunung Bukit Tunggal sebagaimana pegunungan di kawasan Bandung Raya, memiliki hutan yang lebat. Di balik pepohonan itu, Gunung Bukit Tunggal memiliki kolam yang unik.


4. Gunung Mandalawangi


Gunung dengan ketinggian 1.650 Mdpl ini berada di Nagreg yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Garut, yang memiliki beberapa gunung yang indah, salah satunya yang paling disukai Puncak Masigit. Dipuncaknya berupa tebing-tebing batu yang panoramik. Karena spotnya yang instagenik, banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai latar berfoto.


5. Gunung Kendang


Gunung yang terletak di Kertasari, Kabupaten Bandung ini berbatasan langsung dengam Kabupaten Garut. Dari beberapa gunung di Bandung Raya, Gunung Kendang memiliki karakter yang berbeda dibanding gunung lainnya. Bila gunung lain memiliki vegetasi yang lebat, Gunung Kendang justru memiliki savana pada puncaknya.

Untuk mendaki gunung ini, perlu persiapan bekal dan peralatan yang lengkap. Pasalnya, jalur yang akan dilalui lumayan berat, namun sepadan dengan pemandangan indah pada puncaknya.


6. Gunung Patuha


Gunung Patuha terbilang populer. Bukan karena medannya yang sulit, namun kemudahannya untuk diakses dan banyaknya spot wisata di gunung itu. Gunung Patuha terletak di Kawasan Bandung Selatan, atau tepatnya di Desa Rancabali, Kabupaten Bandung. Mungkin semua pasti mengenal objel wisata Kawah Putih, nah kawah tersebut adalah puncak utama Gunung Patuha.

Tidak jauh dari kawasan tersebut, ada sebuah kawasan perkemahan yang cukup tersohor, yakni Rancaupas. Nah, setelah menikmati keindahan Kawah Putih, malamnya bisa merasakan dinginnya Ciwidey sambil memanggang sosis, jagung atau kopi panas.

Diolah dari Tempo.co