Happy Naik Sepeda Boseh di Bandung. Ini Syarat dan Caranya

Notification

×

Iklan

Iklan

Happy Naik Sepeda Boseh di Bandung. Ini Syarat dan Caranya

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:13 WIB Last Updated 2022-06-16T12:13:29Z


NUBANDUNG.ID – Bike sharing di Kota Bandung ini diberi nama Bike on The Street Everybody Happy (Boseh). Dalam bahasa Sunda boséh berarti kayuh. Tentu saja, mengayuh sepeda memang mesti happy.


Pada hakikatnya, Boseh dikenal sebagai sistem peminjaman sepeda atau bike sharing tingkat kota pertama sekaligus pelopor di Indonesia. Bike sharing digulirkan Pemerintah Kota Bandung pada 2017 sebagai moda transportasi untuk bepergian jarak pendek, baik bagi warga kota maupun wisatawan. 


Misalnya, bepergian dari tempat tinggal atau menginap ke lokasi belanja atau halte bus dan stasiun kereta api. Adapun Stasiun khusus (shelter/ dok) disediakan untuk mengambil sepeda dan mengembalikannya di stasiun lain yang terdekat dengan tempat tujuan pengguna. 


Tarif transportasi ramah lingkungan ini sangat ekonomis, yakni Rp 1.000 untuk satu jam pertama dan Rp 2.000 untuk satu jam berikutnya.


Sebagai alat transaksi, pembayaran sewa sepeda berwarna biru muda ini menggunakan sistem smart card. Jadi, pengguna mesti registrasi terlebih dahulu sesuai ketentuan yang berlaku.


Adapun cara mendaftarkan diri jadi member, ialah sebagai berikut:


1. Membawa identitas diri


Sebelum datang ke booth atau gerai Boseh, peminjam sepeda harus registrasi terlebih dahulu dengan membawa identitas diri. Selain KTP, bisa juga kartu pelajar, paspor, kartu keluarga atau dokumen pendukung lainnya.


2. Membawa uang elektronik


Selain identitas diri, peminjam harus sudah punya uang elektronik. Saat ini, Boseh menggunakan uang elektronik dari Bank BRI atau BRIZZI bisa digunakan sebagai kartu member Boseh. Apabila belum punya, peminjam bisa membeli secara langsung di gerai registrasi. Di gerai ini, peminjam juga bisa mengisi saldo.


3. Kunjungi booth registrasi


Peminjam bisa mengunjungi booth atau gerai registrasi, antara lain di Alun-alun Bandung, Taman Cibeunying, dan Jalan Diponegoro (seberang Museum Geologi). Registrasi tidak dipungut biaya, kecuali untuk pembelian kartu atau mengisi (top up) saldo.


- Operasional booth registrasi: Senin – Ahad pukul 08.00 – 15.30 WIB

- Waktu operasional peminjaman: Senin – Ahad, pukul 06.00 – 16.00 WIB

- Waktu operasional pengembalian: Senin – Ahad, 24 jam


Stasiun


Stasiun Boseh menyebar di banyak lokasi di Kota Bandung, mulai dari alun-alun hingga taman kota. Dikutip dari Instagram story @boseh.bike, per 15 Juni 2022—dapat diperbarui sewaktu-waktu oleh pengelola—stasiun tersedia dan aktif di lokasi berikut:


1. Taman Cibeunying

2. Alun-alun Kota Bandung

3. Jalan Dalem Kaum

4. Jalan Diponegoro (seberang Museum Geologi)

5. Jalan Ambon

6. Taman Pramuka, Jalan RE. Martadinata

7. Grha Pos, Jalan RE. Martadinata

8. Jalan Asia Afrika

9. Jalan Teuku Umar

10. Kampung Korea, Jalan Jakarta

11. Dispora Kota Bandung

12. Jalan Ganesa

13. Taman Lansia, Jalan Cilaki

14. SMAN 20, Jalan Citarum


Setelah semua persyaratan terpenuhi, kita bisa langsung ber-happy-happy sembari bersepeda keliling Kota Bandung. Kring … kring …gowes...gowes!