Kapan Shalat Jenazah Ghaib Dilaksanakan?

Notification

×

Iklan

Iklan

Kapan Shalat Jenazah Ghaib Dilaksanakan?

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:08 WIB Last Updated 2022-06-16T12:08:08Z

 


Salat jenazah secara ghaib dapat dilakukan ketika mendapat kabar seseorang telah meninggal dunia, baik jasadnya diketahui maupun tidak, baik sudah ada yang mensalatkan maupun tidak.


Salat jenazah secara ghaib juga dapat dilakukan, baik di tempat salat (mushala) seperti kasus salat untuk raja Najasyi maupun di kubur orang yang meninggal seperti kasus salat untuk perempuan penjaga masjid.


Adapun pelaksanaan salat jenazah bisa dilakukan setelah meyakini seseorang telah meninggal dunia dan sudah siap untuk dilaksanakan salat atasnya. Salat jenazah juga dapat dilakukan di kubur beberapa hari setelah kematiannya.


Hal ini sebagaimana dijelaskan beberapa hadits Nabi saw. sebagai berikut: “Dari asy-Sya’bi (diriwayatkan), sesungguhnya Rasulullah saw. pernah salat atas suatu kubur setelah dikubur, lalu beliau takbir empat kali” (HR. Muslim). 


Juga dalam hadis: “Dari Ibnu Abbas (diriwayatkan), sesungguhnya Nabi saw. pernah salat atas suatu kubur setelah satu bulan” (HR. al-Baihaqi)”. 


Ada pula hadis: “Dari Said bin Musayyab (diriwaytkan), bahwa Ummu Sa’d meninggal sementara Nabi saw. tidak ada (di Madinah), maka ketika telah kembali datang beliau mensalatkan atasnya, padahal sudah berlalu satu bulan (dari kematiannya)” (HR. at-Tirmdizi).


Berdasarkan hadis-hadts di atas, dapat dipahami bahwa seseorang boleh melakukan salat jenazah, baik orang yang meninggal itu sudah dikubur atau sesudah beberapa hari dari kematiannya, seperti tiga hari atau satu bulan. 


Penyebutan masa waktu dalam hadits tersebut tidaklah menunjukkan pembatasan waktu kebolehan seseorang untuk mensalatkan jenazah, sehingga boleh hukumnya bagi seseorang untuk mensalatkan jenazah dikarenakan suatu hal setelah jenazah dikubur hingga beberapa hari atau bulan.


Sumber: muhammadiyah.or.id