Namanya Unik! Inilah 7 Jajanan Khas Jabar yang Wajib Dicicipi!

Notification

×

Iklan

Iklan

Namanya Unik! Inilah 7 Jajanan Khas Jabar yang Wajib Dicicipi!

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:33 WIB Last Updated 2022-06-23T13:33:08Z


NUBANDUNG.ID – Jajanan makanan berikut boleh dibilang punya nama atau sebutan unik. Di beberapa daerah di Nusantara mungkin ada kemiripan rupa dan rasa meski namanya berbeda.


1. Awug


Kudapan tradisional ini umumnya masih dibuat dengan menggunakan perlengkapan tradisional, yaitu sééng dan aseupan. Kedua perabot dapur tersebut digunakan untuk mengukus awug dan aseupanlah yang membentuk kerucut seperti tumpeng. 


Makanan lezat ini terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan air, garam, gula merah, dan kelapa parut.


2. Kolontong


Kudapan bercita rasa manis renyah ini dapat ditemukan di banyak daerah di Jawa Barat. Biasanya, kudapan ini disantap bersama sebagai teman minum teh hangat, bahkan kopi. 


Hari Lebaran adalah salah satu momentum kolontong hadir di rumah-rumah sebagai makanan khas. Di tempat oleh-oleh kolontong banyak dijumpai dengan harga relatif terjangkau.


3. Burayot


Ini dia salah satu kudapan khas dari Garut. Namanya aneh, bentuknya juga aneh, bukan? Meski terdengar asing, tetapi sebetulnya penganan tradisional ini terbuat dari bahan dasar yang lumrah dan sederhana, yaitu tepung beras dan gula aren. 


Penamaan burayot muncul setelah kudapan ini diproses dalam penggorengan. Bahan kue yang tenggelam dalam minyak goreng kemudian diangkat dengan cara yang unik, yaitu ditusuk menggunakan bilah bambu.


4. Ongol-Ongol


Ini adalah salah satu makanan ringan tradisional khas Jawa Barat dari tepung sagu aren kering sebagai bahan utamanya. Lantas, dari mana asal nama kudapan ini? 


Konon, mungkin juga perlu penelitian lebih jauh, ongol-ongol diadopsi dari salah satu makanan atau jajanan orang-orang Mongol. Memang, ada kemiripan penyebutan kedua nama ini.


5. Jalabria


Camilan lezat ini datang dari Majalengka meskipun di daerah lainnya di Jawa Barat bisa ditemukan dengan mudah. Ada juga yang menyebutnya jalabiya atau jalabia. 


Kudapan bercita rasa manis ini berbentuk seperti donat dengan bolong bagian tengahnya. Seluruh permukaan jalabria dilumuri gula yang dibiarkan mengering.


6. Jalakotek


Namanya memang unik, tetapi bentuk dan rasanya boleh jadi sudah tidak asing di lidah para pencinta kuliner. Jalakotek yang bentuknya mirip pastel dan cireng ini terbuat dari bahan dasar campuran tepung terigu dan tepung tapioka. 


Biasanya jalakotek yang sudah digoreng diberi taburan bumbu tambahan dan sambal.


7. Dorokdok


Tak usah khawatir kalau tidak suka yang manis-manis. Jika melancong ke Garut, Anda bisa memburu kuliner jajanan unik yang renyah kriuk-kriuk, antara lain dorokdok yang bercita rasa gurih dan renyah. 


Dorokdok yang terbuat dari kulit sapi ini umumnya diproduksi sebagai industri rumahan sehingga melahirkan banyak merek dan macam-macam kemasan.