Robi Darwis, Gelandang Muda Persib Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Robi Darwis, Gelandang Muda Persib Bandung

Kamis, 16 Juni 2022 | 13:59 WIB Last Updated 2022-06-16T06:59:22Z


NUBANDUNG.ID
— Namanya mirip dengan pemain legendaris Persib Bandung Robby Darwis. Namun yang satu ini, namanya ditulis dengan Robi. 


Ayah dari Robi Darwis memang memberikan nama terinspirasi dari penyumbang empat trofi juara untuk Pangeran Biru tersebut.


Robi Darwis mengenal sepakbola dari SSB Atep7, lalu ditempa di Akademi Persib Kota Cimahi. Gelandang bertahan asal Cianjur itu kemudian menjalani seleksi di Diklat Persib untuk bisa mentas di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) PSSI U-16 pada 2019 lalu.


Robi membuktikan kemampuannya di Festival Filanesia yang digelar PSSI di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Dari empat laga, ia tampil sebanyak tiga kali dan kemudian masuk ke dalam tim All Star.


Robi kemudian lolos seleksi untuk bergabung dengan Persib U-16. Selama menjalani kompetisi EPA, Robi mengumpulkan 1.241 menit dan mencetak satu gol. Persib U-16 di bawah asuhan Imam Nurjaman pun diantarkan Robi sampai ke babak 8 Besar.


Robi adalah seorang petarung di lini tengah Maung Ngora. Ia mampu menguasai bola dengan baik. Selain itu, Robi juga punya jiwa kepemimpinan baik sehingga dipercaya menjadi kapten tim Maung Ngora.


Hal menonjol lainnya adalah kerjasama yang baik dengan bek Persib U-16 saat itu, Kakang Rudianto. Beberapa gol Kakang lahir dari umpan lemparan ke dalam yang dikirimkan oleh Robi dari sisi lapangan.


Di tahun yang sama, Robi juga ambil bagian di tim Persib U-18. Di bawah arahan pelatih Kartono Pramdhan, pemain kelahiran 2003 ini mendapat dua kali kesempatan bermain dengan para seniornya.


“Memang main di level yang lebih tinggi lebih kepada tantangan. Itu juga sebuah kebanggaan buat Robi atas kepercayaan yang diberikan pelatih. Sudah seharusnya, kepercayaan itu dibalas dengan kontribusi untuk tim,” jelas Robi seperti dikutip dari laman resmi klub, Kamis 16 Juni 2022.


Penampilan Robi di EPA menarik perhatian tim pelatih Timnas Indonesia U-18 untuk menjalani pemusatan latihan di Antalya, Turki. Itu merupakan bagian dari sebagai persiapan Timnas menghadapi Piala Dunia U-20.


“Alhamdulillah, Robi dapat kesempatan berlatih di Timnas U-18 karena banyak pelajaran yang didapat Robi di kesempatan yang sangat berharga itu,” ungkapnya.


Pada saat yang sama, Diklat Persib melanjutkan pembinaan pemain mudanya dengan berkontribusi ke tim Bandung United yang berlaga di kompetisi Liga 3. Diasuh pelatih Lukas Tumbuan, Robi membawa Bandung United hingga melaju ke babak 32 besar putaran nasional.