4 Destinasi Wisata Sejarah Kota Bandung Ini Asyik Dikunjungi

Notification

×

Iklan

Iklan

4 Destinasi Wisata Sejarah Kota Bandung Ini Asyik Dikunjungi

Senin, 11 Juli 2022 | 15:28 WIB Last Updated 2022-07-11T08:39:00Z


NUBANDUNG.ID
- Tempat wisata Bandung umumnya sangat identik dengan wisata alam dan wisata kulinernya. Namun, ternyata kota wisata favorit masyarakat Jabodetabek saat liburan tiba ini memiliki wisata sejarah yang sayang jika dilewatkan lho!

Jika kamu tengah mencari tempat wisata alternatif yang memiliki sensasi berbeda dari destinasi wisata lain yang ada di Bandung, berwisata sejarah ke tempat-tempat yang menjadi saksi bisu perjalanan Kota Kembang bahkan Indonesia ini wajib untuk dicoba.


Penasaran? Yuk simak tempat wisata Bandung bersejarah berupa bangunan yang tak hanya menyenangkan namun juga sarat akan edukasi di bawah ini!


1. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat


Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat adalah tempat wisata Bandung yang juga dikenal dengan istilah Monju atau Monumen Perjuangan dan terletak di Jalan Dipati Ukur No 48, Lebak Gede, Coblong, Bandung.


Dikutip dari laman museum.kemdikbud.go.id, monumen ini memiliki sebuah museum bawah tanah dan berisi bukti-bukti perjuangan rakyat Jawa Barat saat masa kolonial hingga era pemberontakan DI/TII.


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat juga menambahkan bahwa bukti perjuangan rakyat Jawa Barat tersebut ditata di ruangan pameran tetap dan berupa 7 koleksi diorama. Selain itu, terdapat pula ruang audiovisual dan ruang perpustakaan yang juga berisi informasi mengenai perjuangan rakyat Jawa Barat.


2. Gedung Sate


Gedung Sate dan Kota Bandung tentu sudah diketahui bersama merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan. Sebagai bangunan ikonik dari ibu kota Jawa Barat, gedung ini pada tahun 2020 lalu ketika usianya menginjak 100 tahun dilansir melalui laman jabarprov.go.id dikabarkan akan menjadi destinasi wisata resmi yang terbuka untuk umum.


Ridwan Kamil menjelaskan bahwa masyarakat bisa melihat kemegahan aula barat dan timur gedung. Bahkan masyarakat bisa melihat Gunung Tangkuban Perahu dari gedung yang terletak di Jalan Diponegoro No 22 ini.


Disparbud Provinsi Jawa Barat menyebutkan bahwa gedung yang pada masa Kolonial Belanda berfungsi sebagai kantor pemerintahan Hindia Belanda ini sebelumnya hanya mampu dinikmati oleh wisatawan melalui hadirnya Museum Geologi dan Gedung Dwiwarna serta kajian arsitektur Eropa bagi para pelajar dan mahasiswa.


3. Monumen Bandung Lautan Api


Monumen Bandung Lautan Api adalah bukti dari bentuk perjuangan rakyat Indonesia yang luar biasa dalam peristiwa Bandung Lautan Api yang berada di Jalan BKR Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung.


Dilansir melalui humas.bandung.go.id, disebutkan juga bahwa demi memperingati dan menjaga semangat persatuan, monumen perjuangan ini akhirnya dibangun melalui sebuah sayembara yang telah dimenangkan oleh seorang dosen seni rupa ITB sekaligus seorang seniman kontemporer pada tahun 1984.


Tempat wisata Bandung yang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah ini memiliki tinggi 45 meter dan bara api berwarna kuning keemasan yang merupakan gambaran api menyala di puncaknya.


4. Gedung Indonesia Menggugat


Gedung Indonesia Menggugat adalah saksi bisu dari Pledoi Indonesia Menggugat yang dibacakan oleh Soekarno pada sebuah ruang sidang pengadilan negeri (landraad) yang ada di gedung ini pada tahun 1930 silam.


Dilansir dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, bangunan yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 5 ini menjadi warisan bersama pada tahun 2002. Lalu pada tahun 2004-2005 dilakukanlah pemugaran oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.


Saat ini, salah satu tempat wisata Bandung ini digunakan untuk berbagai acara dalam bentuk seminar, dialog, pertunjukan, pemutaran film, festival rakyat, dan masih banyak lagi.


Nah, itu dia tadi tempat wisata Bandung berupa 4 bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi. Menarik sekali ya?