5 Destinasi Wisata untuk Pecinta Hewan Liar Ini Terletak di Jawa Barat

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Destinasi Wisata untuk Pecinta Hewan Liar Ini Terletak di Jawa Barat

Senin, 11 Juli 2022 | 11:59 WIB Last Updated 2022-07-11T04:59:47Z


NUBANDUNG.ID
– Beragam satwa liar masih bisa dijumpai di sejumlah tempat wisata di Jawa Barat, baik di penangkaran maupun di alam bebas.


Banyak di antara satwa liar yang ada berstatus langka, bahkan dilindungi oleh pemerintah. Akan tetapi, di lime tempat wisata berikut para pencinta satwa liar masih bisa menyapa mereka dari dekat. Di mana saja?


1. Penangkaran Rusa Cariu


Anda ingin menyapa lebih dekat hewan mamalia ini? Penangkaran Rusa Cariu boleh jadi wanawisata yang Anda cari, selain penangkaran rusa Ciwidey, Kabupaten Bandung. 


Di Penangkaran Rusa Cariu, pengunjung dapat berinteraksi langsung dari dekat dengan kawanan rusa yang “ramah”. Suasana yang indah tempat ini menambah kesan mendalam saat para pengunjung memberi makan mereka.


2. Pantai Pangumbahan


Apa yang menjadi pesona di pantai ini? Selain panoramanya yang memukau, Pantai Pangumbahan adalah tempat terbaik bagi penyu hijau bertelur. Di sekitar pantai ini juga pengunjung bisa melihat penangkaran penyu sekaligus wisata yang cocok untuk anak-anak. 


Lantas, kapan hewan purba ini bertelur? Ya, biasanya penyu hijau akan bertelur pada musim panas, yakni sekitar bulan Mei hingga Agustus.


3. Penangkaran Buaya Blanakan


Di Penangkaran Buaya Blanakan dikembangbiakan buaya jenis muara kurang lebih 200 ekor. Buaya-buaya ini terdiri dari jantan dan betina yang hidup di habitat aslinya. 


Apa daya tarik wisata di tempat ini? Ya, para pengunjung dapat menyaksikan atraksi buaya-buaya muara dari atas balkon ketika menyantap makanan yang diberikan pengelola. Ini merupakan momen langka yang patut diabadikan.


4. Suaka Elang Loji


Suaka Elang Loji berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) di wilayah Kabupaten Bogor. Suasana alami hutan pegunungan di sana juga menjadi tempat wisata edukasi berupa suaka elang. 


Lokasi ini difungsikan sebagai tempat merehabilitasi burung elang, baik hasil penyitaan atau penyerahan dari masyarakat sebelum dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya di hutan TNGHS.


5. Pulau Biawak


Sesuai namanya, Pulau Biawak menjadi tempat terbaik satwa liar bernama Latin Varanus salvator ini. Biawak di pulau ini boleh dibilang uni karena hidup di habitat air asin. 


Berkunjung ke pulau indah ini, pengunjung dapat menyaksikan atraksi memukau kawanan biawak berenang dan berburu ikan untuk kebutuhan hidupnya. Momen ini dapat disaksikan setiap setiap menjelang matahari terbenam.