5 Langkah Mudah Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Langkah Mudah Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak

Kamis, 14 Juli 2022 | 14:42 WIB Last Updated 2022-07-14T07:42:51Z


NUBANDUNG.ID
- Dalam upaya memenuhi kebutuhan keluarga terhadap komunikasi yang sehat, diperlukan kemampuan sosialisasi anak yang berkualitas. 


Karena itu untuk melepas kejenuhan anak selama libur sekolah dianjurkan untuk melakukan 5 langkah sebagai berikut:


1. Manfaatkan Teknologi Sesuai Usia 


Pemanfaatan teknologi secara tepat justru bisa meningkatkan kemampuan sosialisasi anak dan keterampilan lainnya. Misal, dengan bantuan orang tua, sesama anak bisa saling berbagi atau mengirim camilan ke teman sebaya atau melakukan workshop kerajinan tangan secara virtual.


Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan penggunaan gadget berdasarkan usia anak. Misalnya, untuk anak usia 2-6 tahun, penggunaan gadget dibatasi satu jam sehari dan harus didampingi orang tua. 


Ikuti juga aturan 20:20:20, yaitu 20 menit melihat layar gadget, lalu istirahatkan mata anak dengan menjauhkan gadget sekitar 20 kaki selama 20 detik.


2. Roleplay atau Bermain Peran


Anna menyampaikan untuk membuat skenario menghadapi konflik dengan anak, seperti saat memperebutkan mainan, bermain curang atau bicara dengan kata tidak sopan.


3. Perhatikan Interaksi Antar Anggota Keluarga


Atur kegiatan khusus yang bisa menstimulasi anak melakukan interaksi dengan orang lain, seperti mengajak anak bercerita mengenai kesehariannya.


4. Playdate dengan Teman Sebaya


Untuk mendorong keberanian anak bersosialisasi, interaksi tatap muka penting dilakukan sejak usia dini, terutama di bawah tujuh tahun.


5. Longgarkan Aturan Selama Liburan


Libatkan anak untuk mencoba hal baru, mulai dari berkemah di halaman atau kamar, mendekorasi ulang kamar dan lain sebagainya.