Resep dan Cara Membuat Comro yang Lezat Nikmat

Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Membuat Comro yang Lezat Nikmat

Senin, 18 Juli 2022 | 14:11 WIB Last Updated 2022-07-18T07:12:10Z


NUBANDUNG.ID
– Ngemil adalah salah satu kegiatan yang pastinya banyak disukai orang. Berbagai macam cemilan bisa didapatkan, terutama untuk cemilan kemasan. 


Tapi, gimana kalau kita membuat cemilan sediri dengan bahan olahan singkong. Untuk itu tim Infobdg akan memberikan resep cara membuat olahan cemilan dari Singkong yaitu Comro.


Comro adalah salah satu makanan khas masyarakat Jawa Barat, tentunya dengan berbagai macam kreasi yang dibuat dalam resepnya. Comro  adalah sebuah nama singkatan yang berarti Comro adalah Oncom di jero. 


Sebenarnya Comro mempunyai saudara kembar yaitu Misro yang dimana cara membuat dan bahannya pun hampir mirip, hanya berbeda dari rasa dihasilkan yaitu rasa manis dari Misro karena seperti singkatan namanya Misro mempunyai arti Amis di Jero (manis di dalam).


Untuk Wargi Bandung yang ingin mencoba membuatnya, berikut ini adalah resep dan cara membuatnya. Bahan yang diperlukannya juga mudah didapat, jadi silahkan dicoba dengan resep sebagai berikut.


Bahan Comro:


1. Singkong yang sudah diparut secukupnya

2. Kelapa parut secukupnya

3. Satu batang daun bawang

4. ketumbar

5. garam

6. merica secukupnya.


Isian Comro:


- 200 gram (kurang lebih) oncom

- Cabai rawit merah sesuai selera

- Kemangi secukupnya

- garam

- merica

- gula putih (bila diperlukan)


Bumbu halus:


- Siapkan bawang putih secukupnya

- Siapkan bawang merah secukupnya

- Siapkan cabai secukupnya


Cara Membuat Combro: Tumis bumbu yang telah dihaluskan halus sampai matang. Setelah itu tambahkan oncom, kemangi, dan daun bawang, masak sampai matang dan menghasilkan wangi yang sedap.


Siapkan singkong dan kelapa parut lalu tambahkan garam dan daun bawang setelah itu aduk hingga rata. Setelah isian dan adonan Comro sudah jadi, saatnya untuk membuat adonan Comro tadi menjadi bahan yang siap digoreng. 


Ambil adonan Comro tersebut dengan sendok makan, tambahkan isi yang sudah ditumis, lalu bentuk adonan tersebut menjadi bulat/lonjong. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kecokelatan. Setelah semuanya berhasil digoreng maka Comro siap disajikan.