Umur Panjang Warga Kampung Adat Miduana Menarik Perhatian Tim Riset Unpad

Notification

×

Iklan

Iklan

Umur Panjang Warga Kampung Adat Miduana Menarik Perhatian Tim Riset Unpad

Senin, 25 Juli 2022 | 16:21 WIB Last Updated 2022-07-25T09:21:39Z


NUBANDUNG.ID
- Fenomena usia panjang warga Kampung Adat Miduana, Cianjur, Jawa Barat mulai menarik perhatian banyak pihak. Bahkan belum lama ini tim riset dari Universitas Padjajaran (Unpad) melakukan penelitian di kampung tersebut.


Anggota Tim Riset Priyo Subekti mengatakan penelitian yang dilakukan ke Kampung Adat Miduana berfokus pada komunikasi kesehatan, meliputi pola makan, pola hidup sehat, hingga pola pikiran.


"Dari penelitian itu, salah satu temuannya sejumlah masyarakat di Kampung Miduana berusia panjang," kata dia, Minggu (24/7/2022).


Menurut dia, dari hasil sementara didapati jika komunikasi kesehatan Kampung Adat Miduana memang baik. Makanan yang dikonsumsi warga masih alami, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.


Selain itu, pola hidup yang diterapkan juga sehat. Pola pikiran warga juga cenderung lebih bahagia.


"Berbeda dengan masyarakat di perkotaan yang cenderung memakan makanan cepat saji. Secara ilmiah pun makanan dari bahan organik memang menyehatkan," kata dia.


Namun untuk laporan menyeluruh dari hasil riset masih membutuhkan waktu. "Kita masih susun, kemungkinan selesai 2 pekan ke depan," tuturnya.


Di sisi lain, Pemuda Kampung Adat Miduana Gugun mengatakan fenomena usia panjang warga Kampung Adat Miduana memang menjadi daya tarik tersendiri.


"Iya begitu dimunculkan soal fenomena itu jadi banyak yang datang. Mulai sekadar datang untuk berwisata sambil melihat langsung warga-warga yang berusia panjang hingga yang melakukan riset, seperti yang dari Unpad," kata dia.


"Ini jadi berkah tersendiri bagi masyarakat, karena jadi banyak yang ingin menginap dan merasakan hidup sehat ala masyarakat Kampung Adat Miduana yang berusia panjang," ucap dia menambahkan.


Sekadar diketahui, di Kabupaten Cianjur terdapat kampung yang patut disandingkan dengan Kepulauan Okinawa, Jepang. Adalah Kampung Adat Miduana, wilayah di pelosok Cianjur yang masyarakatnya rata-rara berusia di atas 90 tahun.


Sekadar diketahui, Kepulauan Okinawa kerap disebut sebagai Taman Dewa. Penduduk di sana disebut punya rahasia panjang umur.


Pulau ini menjadi populasi paling lama hidupnya di dunia. Jika berkunjung ke pulau indah ini, kita tidak hanya akan melihat manula yang berusia 90 tahun memanen buah, tetapi juga akan melihat mereka membajak ladang dan bersepeda.


Namun tak perlu jauh-jauh ke Okinawa, Jepang sebab kita juga dapat melihat pemandangan serupa di Kampung Adat Miduana, Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur.


Rata-rata warga di kampung dengan jumlah penduduk sebanyak 363 jiwa itu dianugrahi usia yang panjang. Bahkan 14 diantaranya berusia di atas 90 tahun.


"Warga di Kampung Adat Miduana rata-rafa panjang usia. Dari 14 orang itu, empat diantaranya berusia di atas 100 tahun. Yang paling tua dan masih hidup yaitu Nenek Sahria, usianya sekarang 103 tahun," ujar Dewan Adat Kampung Miduana, Rustiman.