Ingin Abadi, Publikasikan Tulisan Ilmiah di Jurnal AbdiMU

Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin Abadi, Publikasikan Tulisan Ilmiah di Jurnal AbdiMU

Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:31 WIB Last Updated 2022-08-25T09:24:27Z

 


NUBANDUNG.ID - Pendidikan tinggi didorong agar berdaya saing dalam publikasi ilmiah. Hal ini termasuk publikasi hasil pengabdian di jurnal pengabdian kepada masyarakat.

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ma’soem dan Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung berkerjasama dalam penyelenggaraan Workshop Teknik Penulisan Karya Ilmiah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Acara digelar di Ruang Sidang Universitas Ma’soem pukul 09.00 – 15.00 WIB, Rabu, (24/08/2022).

 

Drs. Yudhi Sirojudin, M. Ag., Pimpinan Divisi Pendidikan Tinggi dan Non Formal Universitas Ma’soem memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop. “Publikasi ilmiah berperan besar dalam daya saing pendidikan tinggi. Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Serta terimakasih atas antusiasme dosen dalam mengikuti kegiatan workshop,” ungkap Drs. Yudhi Sirojudin, M. Ag. pada saat memberikan sambutan.


Nur’aeni, SE., ME.Sy., Ketua LPPM Universitas Ma’soem menuturkan tujuan dan target kegiatan workshop. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan jurnal pengabdian kepada masyarakat dengan target meningkatnya kapasitas keterampilan dosen dalam penulisan karya ilmiah jurnal pengabdian kepada masyarakat. Sehingga kualitas dan kualitas publikasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat diharapkan mengalami peningkatan,” tutur Nur’aeni, SE., ME.Sy. didampingi staf LPPM Universitas Ma’soem.


Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., penanggung jawab Kelas Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menunjukkan berbagai capaian Universitas Ma’soem.


“Universitas Ma’soem memiliki sembilan jurnal ilmiah tiga di antaranya telah terakreditasi nasional index Sinta. Ini capaian luar biasa yang berperan besar dalam meningkatkan performa webometrics dalam pemeringkatan pendidikan tinggi,” ujar Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. sebagai pemateri dalam kegiatan ini.

 

“Upaya peningkatan kapasitas keterampilan penulisan artikel ilmiah seyogyanya tidak sebatas untuk akademisi dosen tetapi kiranya diperluas hingga kalangan mahasiswa. Penguatan publikasi ilmiah mahasiswa dapat dilaksanakan melalui agenda kolaborasi,” pungkasnya.

 

Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menghadirkan pula co-fasilitator, yakni Hidayatul Fikra dan Fitriani. Keduanya membantu menuturkan tahapan latihan penulisan sesuai modul pelatihan. Co-fasilitator berperan pula dalam pendampingan operasi manajemen sitasi ilmiah dan daftar pustaka dengan menerapkan perangkat otomatis Mendeley.

 

Perserta workshop sebanyak 37 dosen Universitas Ma’soem yang meliputi akademisi Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Fakultas Komputer, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Peserta tampak antusias melakukan praktik penulisan artikel dalam rangka penguatan Jurnal AbdiMU sebagai jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang dikelola LPPM Universitas Ma’soem, Kamis, (25/08/2022).