Jojorong dan Balok Menes, Kue Khas Pandeglang Bercitarasa Autentik!

Notification

×

Iklan

Iklan

Jojorong dan Balok Menes, Kue Khas Pandeglang Bercitarasa Autentik!

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 12:08 WIB Last Updated 2022-08-27T05:08:02Z


NUBANDUNG.ID
– Kalau wisatawan berlibur ke Banten jangan lupa mencicipi kuliner khas daerahnya. Seperti kudapan atau kue khas Pandeglang yang bercita rasa autentik dan sedap saat disantap.


Selain menyajikan daya tarik objek wisata alam yang memukau, Kabupaten Pandeglang juga memiliki ragam kuliner khas. Serta banyal kue-kue tradisional yang wajib dicoba dan dinikmati saat liburan ke sana.


Nah berikut ini ada dua rekomendasi kue khas Pandeglang yang wajib kalian coba dan rasakan kelezatannya. Antara lain ada kue jojorong dan kue balok Menes.


Kue Jojorong Banten


Jojorong merupakan sajian kue asli Provinsi Banten yang utamanya dari daerah Kabupaten Pandeglang. Makanan ini berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa yang bagian dalamnya diberi gula aren.


Uniknya, wadah mangkuk atau tempat kuenya berbentuk persegi yang terbuat dari daun pisang yang setiap ujungnya diikat menggunakan tusuk gigi. Jojorong ini berbahan dasar santan, sehingga kue ini harus langsung disantap saat disajikan karena mudah basi dan tanpa bahan pengawet.


Kue khas Padeglang ini biasanya hanya dapat dinikmati ketika ada acara hajatan di daerah Banten, terutama di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Pada acara khitanan atau pernikahan, jojorong menjadi sajian tuan rumah bagi para tamu yang bersanding dengan makanan trandisional lainnya.


Meski demikian, saat bulan puasa tiba, jojorong lebih mudah ditemui. Karena kue ini selalu menjadi makanan berbuka yang wajib ada bagi masyarakat Banten.


Kue Balok Menes


Kue khas Pandeglang berikutnya berupa kue balok yang merupakan jenis kue tradisional khas Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Penampilannya menyerupai kue pukis atau brownis.


Biasanya kue balok di daerah Jawa Barat memiliki cita rasa manis, namun berbeda dengan kue balok Menes yang justru rasanya asin. Bentuk dan teksturnya mirip getuk, dengan taburan bawang goreng dan serundeng sebagai topingnya.


Salah satu keunikan dari Kue Balok Menes, tampak pada cara membungkusnya yang menggunakan daun pisang dan daun pinang sebagai tempat cetakannya. Sehingga membuatnya menarik perhatian dan disukai banyak orang


Camilan asal Menes ini, berbahan dasar singkong tanpa campuran pengawet apapun. Biasanya Kue Balok Menes ditaburi daun bawang goreng dan serundeng, untuk menciptakan aroma yang nikmat.


Proses pembuatannya juga sangat mudah. Bahan singkong yang sudah dibersihkan direbus. Jika sudah matang, singkong didiamkan hingga dingin kemudian ditumbuk hingga halus. Barulah dibentuk seperti getuk.