5 Tips Magang untuk Mahasiswa Supaya Berjalan Lancar dan Percaya Diri

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Tips Magang untuk Mahasiswa Supaya Berjalan Lancar dan Percaya Diri

Sabtu, 10 September 2022 | 17:45 WIB Last Updated 2022-09-10T10:45:20Z


NUBANDUNG.ID
- Magang merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa dan umumnya masuk dalam mata kuliah praktik. Selain memberikan pengalaman yang bermanfaat untuk dunia kerja, magang juga kerap dijadikan syarat kelulusan di perguruan tinggi.


Biasanya, kegiatan magang bisa dilakukan di instansi pemerintahan ataupun perusahaan swasta. Masing-masing mahasiswa memiliki preferensinya sendiri sesuai dengan program studi yang mereka ambil.


Dalam kaitannya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membagikan sejumlah tips agar kegiatan magang berjalan dengan lancar.


Mengutip dari unggahan Instagram @ditjen.dikti, berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan saat hari pertama magang.


1. Survei Lokasi Magang


Tips yang pertama adalah melakukan survei terkait lokasi magang. Hal ini dinilai penting agar ketika hari pertama magang, kamu bisa datang tepat waktu tanpa khawatir telat.


2. Ketepatan Waktu


Selanjutnya adalah ketepatan waktu. Melakukan segalanya dengan tepat waktu memberi kesan yang baik di mata perusahaan.


Contoh dari tips ini yaitu memastikan semua pekerjaan selesai tepat waktu dan datang lebih awal untuk menghindari kemungkinan macet dan masalah lainnya di perjalanan.


3. Penampilan


Penampilan menjadi nilai yang penting saat kamu melakukan kegiatan magang di suatu perusahaan. Biasanya, tiap-tiap perusahaan memiliki tata cara berpakaian tersendiri.


Oleh sebab itu, hendaknya cari tahu peraturan berpakaian di perusahaan tempat kamu magang.


4. Bersikap Proaktif


Memiliki sifat proaktif akan membantu kamu menjalani pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Meskipun agenda hari pertama umumnya berupa pengenalan perusahaan, tidak menutup kemungkinan kamu langsung diberi pekerjaan.


Usahakan mengerjakan pekerjaan sesuai kemampuan dan jangan ragu untuk bertanya jika mengalami kesulitan.


Dengan bersikap proaktif, maka kamu akan dianggap siap dan serius untuk bekerja ke depannya.


5. Menulis Laporan Harian


Laporan harian merupakan salah satu hal penting setiap akhir jam kerja. Hal itu dikarenakan semua pekerjaan akan dirangkum menjadi sebuah laporan untuk diujikan di kemudian waktu.


Menulis laporan harian bisa kamu lakukan dengan mencatat tugas atau pekerjaan yang sudah kamu selesaikan dan simpan dalam satu folder dengan rapi.


Nah, itulah sejumlah tips hari pertama magang.