Hormati Pejuang Wanita, Berdiri Gagah Monumen Laswi di Kota Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Hormati Pejuang Wanita, Berdiri Gagah Monumen Laswi di Kota Bandung

Sabtu, 10 September 2022 | 11:08 WIB Last Updated 2022-09-10T04:08:50Z


NUBANDUNG.ID
- Di Kota Bandung, berdiri sebuah patung di Jalan Perintis Kemerdekaan untuk menghormati perjuangan LASWI dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


Laskar Wanita Indonesia (LASWI) didirikan di Bandung pada 12 Oktober 1945 atas inisiasi Ny. Sumarsih Yati Arudji Kartawinata. Monumen ini terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.


LASWI merupakan gabungan dari Barisan Srikandi dan Pemuda Putri (PPI). Anggotanya sangat beragam mulai dari gadis, ibu rumah tangga, hingga para janda. Mereka umumnya berumur 18 tahun.


Tujuan dibentuknya Laskar Wanita adalah untuk membantu pergerakan para pejuang melawan sekutu. Peran Laskar Wanita pada saat itu adalah bertempur bersama pejuang-pejuang pria, melakukan kegiatan sosial, dan terkadang ditugaskan sebagai intel.


Seperti patung-patung pejuang lainnya, patung Laswi berseragam tentara zaman dahulu. Patung laskar wanita terlihat tengah mengangkat senjata. 


Patung tersebut merupakan karya Sunaryo, seorang pematung dari Bandung. Sunaryo adalah alumnus Seni Rupa ITB. Salain kedua patung itu Sunaryo juga membuat stilasi Bandung Lautan Api yang tersebar di Kota Bandung.


Karya Sunaryo lainnya adalah Monumen Bandung Lautan Api dan Monumen Dasasila (Simpang Lima) yang berada di antara tengah-tengah Jalan Asia-Afrika, Jalan Gotot Subroto, Jalan Karapitan, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Sunda.