Persiapkan Riset Berkualitas, FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Metodologi Penelitian Menggunakan Atlas.Ti

Notification

×

Iklan

Iklan

Persiapkan Riset Berkualitas, FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Metodologi Penelitian Menggunakan Atlas.Ti

Minggu, 16 Oktober 2022 | 20:10 WIB Last Updated 2022-10-16T13:10:42Z


NUBANDUNG.ID
- Guna mempersiapkan lulusan yang berkualitas di bidang riset, Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Siliwangi pada tanggal 23 September 2022 menyelenggarakan Workshop “Metodologi Penelitian  dan Pengelolaan Data Kualitatif menggunakan Atlas.Ti” di Gedung Rapat Rektorat 1 Lantai 2. 


Hadir Narasumber bersertifikat Atlas.ti, yaitu Dr. Lisa Listiana, S.E., M.Ak., selaku Direktur WaCIDS  (Waqf Center for Indonesian Development and Studies). Acara tersebut dihadiri oleh 106 Mahasiswa tingkat akhir serta Dosen Fakultas Agama Islam. Rangkaian acara dibuka oleh Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Asep Suryanto, M. Ag. 


Elis, selaku ketua pelaksana menyampaikan tujuan workshop ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dosen dan mahasiswa dalam penelitian khususnya kualitatif dengan bantuan alat analisis yang terhitung baru yaitu Atlas.ti sehingga dapat menghasilkan penelitian yang lebih berkualitas. 


"Adapun peserta diberi pemahaman mengenai metodologi penelitian dan cara mengolah data kualitatif menggunakan software Atlas.ti.  Peseta tidak hanya menerima materi dari narasumber melainkan juga peserta diajak untuk mempraktikan langsung tools tersebut, peserta diajarkan cara coding dalam mengolah data kualitatif, serta diberi penjelasan dalam mengoperasikan software tersebut." jelasnya. 


Dengan adanya acara tersebut, diharapkan mahasiswa khususnya tingkat akhir bisa mempersiapkan tugas akhirnya dengan baik, terutama bagi mahasiswa yang risetnya menggunakan metode penelitan kualitatif, sehingga riset-riset dan lulusan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Siliwangi yang berkualitas.***