Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop dan Sertifikasi Akuntansi Digital

Notification

×

Iklan

Iklan

Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop dan Sertifikasi Akuntansi Digital

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 16:38 WIB Last Updated 2022-10-01T09:38:06Z


NUBANDUNG.ID
- Perkembangan dunia usaha dan IT belakangan ini, telah membuat semakin besarnya tuntutan dunia kerja terhadap kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas tentunya tidak lepas dari kualitas pendidikan yang ada. 


Kondisi ini tentu saja memicu lembaga pendidikan untuk terus mempersiapkan system dan materinya untuk dapat menyiapkan SDM yang mampu bersaing dan menjawab segala tantangan yang ada saat ini.  


Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut, mau tidak mau mahasiswa harus bisa beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan diri sehingga bisa berdaya saing. 


Karena di era ini, akuntansi tidak hanya bisa di kerjakan dengan metode manual, tetapi bisa di kerjakan dengan menggunakan komputer atau software. Menurut Word Economic Forum (WEF), analytical thinking, complex problem solving dan kemampuan penggunaan teknologi menjadi salah satu daripada skills yang dibutuhkan pada tahun 2025. 


Penguasaan skill akuntansi menjadi bagian dari hal tersebut karena merupakan skill yang mengasah kemampuan berpikir, memecahkan masalah, serta penggunaan software akuntansi yang menunjang pekerjaan. 


Kemampuan atau skill akuntansi  beserta pemanfaatan tekhnologinya adalah sebuah keharusan yang tidak bisa diabaikan oleh profesional muda yang bekerja dibagian keuangan dan akuntan, baik di instansi pemerintahan terlebih lagi di perusahaan swasta. 


Prodi Ekonomi Syariah


Kegiatan ini diwajibkan bagi seluruh mahasiswa tingkat akhir Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi dengan bertempat di Laboratorium Komputer yang dilaksanakan dari tanggal 21-22 September 2022.


Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, Dr. Asep Suryanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mendukung dan mengapreasi kegiatan workshop Sertifikasi Zahir Accounting ini. 


"Kegiatan ini dalam upaya mencetak kualitas lulusan yang mampu berdaya saing dalam dunia usaha dan dunia industri, Fakultas Agama Islam memfasilitasi mahasiswanya melalui kegiatan pelatihan dengan tema Workshop dan Sertifikasi Zahir Accounting yang bekerjasama dengan PT Zahir Internasional." tuturnya. 


Sementara itu, ketua Pelaksana, Agus Ahmad Nasrulloh, M.E.Sy berharap bahwa sertifikat tersebut nantinya bisa dimasukan dalam salah satu kompetensi yang dideskripsikan dalam SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). 


"Selain itu diharapkan workshop ini bisa ikut serta membantu lembaga dalam ketercapaian pada Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi yakni menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan lulusan yang berwirausaha. Sejalan dengan itu harapannya dari kegiatan workshop ini dapat memberikan nilai tambah (value added) bagi para lulusan Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi Tasikmalaya,” tutur Ketua Pelaksana Agus Ahmad Nasrulloh, M.E.Sy.


Adhi Praditia dan Ari, selaku perwakilan sekaligus team narasumber/trainer dari PT Zahir Internasional menuturkan bahwa Zahir menjadi salah satu software berbasis akuntansi yang banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan baik di Indonesia maupun di luar negeri. 


"Sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan soft skillnya. Sehingga dengan adanya sertifikasi ini dapat membuka peluang bagi para peserta sertifikasi untuk lebih  mudah bergabung dengan lembaga atau perusahaan yang telah menggunakan aplikasi Zahir untuk pelaporan keuangannya." jelasnya.