Resep dan Cara Membuat Chocodot Khas Garut yang Mudah

Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Membuat Chocodot Khas Garut yang Mudah

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:35 WIB Last Updated 2022-10-22T09:35:57Z


NUBANDUNG.ID
- Chocodot pada mulanya adalah penggalan dari “chocolate with dodol Garut”. Chocodot telah berubah dari makanan tradisonal menjadi “Indonesian Chocolate”. 


Chocodot merupakan sajian kuliner yang mengkombinasikan berbagai jenis coklat dengan bahan bahan lokal lainnya. Bahan tersebut misalnya buah, kacang, cabai, dan juga dodol sehingga menghasilkan puluhan jenis produk chocodot manis pedas yang mempunyai kesan modern, seperti variannya produk cokelat isi dodol, cokelat edisi Cipanas, Dark Chocolate isi dodol. 


Pengemasan chocodot dibalut dengan kemasan yang mudah dibawa dan bergaya modern.


Chocodot adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari perpaduan cokelat dan dodol yang pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh pemuda asli asal Garut, Kiki Gumelar. 


Chocodot awal mulanya diciptakan oleh pemuda asli Garut. Ide pembuatan jajanan ini datang secara tidak sengaja. Kiki Gumelar (pembuat roti dan coklat) secara tidak sengaja menjatuhkan dodol ke dalam adonan coklat. Dari situlah muncul ide dodol sebagai isi coklat. Setelah melalui percobaan, tenyata rasanya nikmat.


Tekstur dodol yang kenyal dan rasa manis cokelat menjadikan perpaduan keduanya menjadi pas di lidah. Chocodot hadir lewat ide penggabungan makanan khas tradisional Dodol Garut dengan citarasa cokelat internasional. 


Berikut ini kami sajikan rahasia resep bikin Chocodot yang kenyal dan manis ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk bisnis dodol garut dengan membuka kios atau depot oleh-oleh khas Garut.


Resep Chocodot Khas Garut


- Cokelat (sesuai selera)

- Dodol Garut


Cara membuat chocodot: 


Siapkan bahan-bahan pembuat chocodot. Lelehkan cokelat terlebih dahulu. Siapkan cetakan yang diberi lapisan cokelat. Potong dodol kecil-kecil dan taruh didalam cetakan yang sudah berisi lapisan cokelat.


Isi kembali cetakan dengan lapisan cokelat lagi sampai benar-benar tertutup. Bekukan cokelat hingga keras. Setelah mengeras, cokelat sudah bisa dikemas dan dinikmati. Sajikan buat sendiri maupun dijual.