Bahas Pariwisata Halal, FAI Universitas Siliwangi Gelar Webinar Nasional

Notification

×

Iklan

Iklan

Bahas Pariwisata Halal, FAI Universitas Siliwangi Gelar Webinar Nasional

Sabtu, 12 November 2022 | 08:37 WIB Last Updated 2022-11-12T01:37:35Z


NUBANDUNG.ID
- Pandemi covid 19 yang telah melanda dunia selama kurang lebih 2 tahun membuat perekonomian beberapa negara mengalami resesi. Indonesia merupakan salah satu negara terdampak pandemic covid 19. 


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat triwulan II tahun 2020 menjadi negatif. Salah satu sektor yang terdampak adalah sektor pariwisata.  Pembatasan  perjalanan internasional dan domestik membuat kunjungan wisata asing turun hampir 75 persen. Sedangkan untuk wisatawan domestik turun sekitar 30 persen. 


Mengingat bahwa Indonesia memiliki potensi keindahan alam yang luar biasa dan keragaman budaya yang unik, maka salah satu  sektor yang  diharapkan member sumbangan signifikan  terhadap pemulihan ekonomi Indonesia adalah sektor pariwisata halal. 


Berdasarkan Global Muslim Tourism Index (GMTI) tahun 2019, pariwisata halal Indonesia mencapai peringkat terbaik di dunia. Oleh karena itu dibutuhkan strategi penguatan  pariwisata halal di Indonesia agar sektor pariwisata halal agar memberikan kontribusi dalam pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemic covid 19. 


Menjawab permasalahan tersebut, Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas SIliwangi menyelenggarakan Webinar Nasional Pariwisata Halal bertajuk “Strategi Penguatan Pariwisata Halal Dalam RangkaPemulihan Ekonomi Pasca Pandemi” pada hari Rabu 9 November 2022.  


Webinar Nasional ini diikuti oleh lebih dari 250 peserta dari kalangan mahasiswa, praktisi dan masyarakat umum. 


Trisna Wijaya, M.E.Sy  selaku ketua pelaksana webnas pariwisata halal mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan webinar nasional ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai strategi penguatan pariwisata halal di Indonesia dan bagaimana kontribusi industri pariwisata halal dalam pemulihan ekonomi pasca pandemik. 


Selain itu webinar nasional ini dilaksanakan sebagai penjajagan  pembukaan program studi baru di Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, yaitu Prodi Manajemen Mutu Halal. 


Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh  Dr. Ir. Nundang Busaeri, M.T.,IPU selaku Rektor Universitas Siliwangi, sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya Dr. Ir.. Nundang Busaeri mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh FakultasAgama Islam  ini. 


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A.,M.B.A memberikan sambutan pada kegiatan ini. Dalam sabutannya Menparekraf mendukung penuh segala upaya kolaborasi bersama atas terselenggaranya acara Seminar Nasional ini. 


“Pariwisata halal merupakan pariwisata yang mengedepankan kebersihan dan kesehatan dalam implementasinya, dimana terdapat unsure halal dan thoyib. Pariwisata halal tidak bertujuan untuk meng-Islamisasi suatu destinasi wisata, melainkan memberikan kenyamanan bagi seluruh wisatawan dengan layanan tambahan ang dihadirkan, sehingga berkelanjutan.” ujar bang Sandi.


Sementara, Dekan Fakultas Agama Islam, Dr. Asep Suryanto dalam sambutannya mengharapkan dngan dilaksanakannya webinar nasional ini, FAI Universitas Siliwangi (UNSIL) bisa memberikan kontribusi terhadap pengembangan pariwisata halal di Indonesiasehngga bisa mendorong pemulihan ekonomi Indonesia yang dilanda resesi setelah pandemic covid 19. 


Acara kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber yang kompeten dalam bidang industri halal, yaitu Prof. Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi (ketua Halal UI Centre),  dan Safri Haliding, S.E.,M.Sc.,ACC (Tim Ahli Global Halal Management, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah & Halal Centre Univrsitas Muhammadiyah Makasar). 


Dalam kegiatan ini dibahas tuntas tentang potensi, strategi dan prospek pengembangan serta tantangan dan hambatan dalam pengembangan pariwisata halal di Indonesia.***(RLS)