Muhammadiyah Dirikan Rumah Sakit di Kabupaten Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Muhammadiyah Dirikan Rumah Sakit di Kabupaten Bandung

Kamis, 03 November 2022 | 16:28 WIB Last Updated 2022-11-03T09:28:37Z


NUBANDUNG.ID
– Setelah melakukan Ground Breaking pada 23 Januari 2022 untuk pembangunan Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Selatan (RSMBS). Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melakukan peresmian pada Kamis (03/11/2022) Gedung H Rafli Munaf RSMBS dan Masjid Nyi Ayu Rina Adjrijanti RSMBS, Jln Raya Laswi, Ciheulang, Ciparay, Kabupaten Bandung.


Direktur RSMBS dr Ade Lesmana mengungkapkan syukur atas diresmikannya rumah sakit ini. Dia menjelaskan bahwa RSMBS merupakan tipe D dan pendiriannya diinisiasi oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. Keberadaan rumah sakit ini bisa membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Bandung Selatan.


Dokter alumnus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini menambahkan bahwa setelah dilakukan peresmian pada akhir 2022 ini ditargetkan izin operasional akan turun pada Januari 2023.


Selain itu, peresmian nanti juga akan menghadirkan beberapa stakeholder yang ditargetkan akan menjadi partner rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan.


“Setelah peresmian gedung ini tentu kita bersiap untuk izin rumah sakitnya keluar. Ditargetkan pada 2023 kami sudah bisa melayani masyarakat,” ungkapnya.


Arsitektur ramah lingkungan


Rumah sakit yang berdiri di atas lahan 1,1 hektare ini dibangun dengan konsep atau arsitektur modern dan ramah lingkungan. Bangunan setinggi 4 lantai ini nantinya memiliki 21 kamar rawat, masjid dua lantai, dan berbagai layanan umum dan spesialis dari Unit Gawat Darurat hingga operasi.


Pembangunan gedung rumah sakit ini juga relatif singkat. Sebab dibangun pada akhir Januari 2022 dan sudah diresmikan pada November 2022 atau pembangunan kurang lebih 10 bulan saja.


dr Ade Lesmana berharap, setelah peresmian ini akan segera disusul turunnya izin operasional sehingga bisa segera memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.


Peresmian ini dihadiri beberapa tamu undangan. Di antaranya Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Wakil Presiden RI 2014-2019 Jusuf Kalla, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Yendra Fahmi yang merupakan donatur utama pembangunan RSMBS, Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriyatna, dan Kapolri 2015-2016 Jenderal Purnawirawan Badrodin Haiti.


Tercatat juga tamu undangan dari jajaran Ketua PP Muhammadiyah seperti dr Agus Taufiqurrahman sekaligus Ketua Panitia Pembangunan RSMBS, Dadang Kahmad, Goodwill Zubair, dan lain-lain serta beberapa perwakilan dari Pimpinan Pusat (PP), termasuk juga dari PP Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini, Siti Aisyah.