Terbaru! Kampung Wisata Pasir Kunci Hadir di Ujungberung Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Terbaru! Kampung Wisata Pasir Kunci Hadir di Ujungberung Bandung

Kamis, 10 November 2022 | 16:30 WIB Last Updated 2022-11-10T09:30:34Z


NUBANDUNG.ID
- Kota Bandung menambah kampung wisata kreatif, kali ini berada di Ujungberung. Namanya Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci Ujungberung. Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci diresmikan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Senin, 24 Oktober 2022.


Di Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci ini pengunjung bisa melihat Kota Bandung ditemani keindahan kebudayaan masyarakatnya. Di kawasan tersebut, Pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut.


Pengunjung bisa menikmati udara sejuk di bawah kaki gunung Manglayang dibarengi pertunjukan dari anak-anak sekitar yang memainkan permainan tradisional. Selain itu, pengunjung bisa sepuasnya berswafoto dengan latar belakang Kota Bandung.


Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci menjadi satu lagi prospek ekonomi kreatif di bidang pariwisata yang diyakini mampu mendongkrak perekonomian. Yana mengatakan, sektor Pariwisata berperan cukup besar pada pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Bandung.


Untuk itu, ia meminta aktivasi ini dimanfaatkan untuk pegembangan potensi seni budaya secara konsisten untuk mendorong wisatawan hadir.


“Saya berharap bukan hanya dibentuk terus diam, kami dorong diaktivasi, potensi seni budaya di wilayah ini luar biasa, tinggal bagaimana kita aktivasi secara tematik disini, dan paling penting konsistensi,” ujarnya.


Selain itu, Kampung Wisata Kreati Pasir Kunci juga menjadi ruang terbuka bagi anak-anak untuk bermain. Belum lagi, tempat ini menjadi wahana pas untuk pelestarian kebudayaan tradisonal yang dewasa ini semakin terhimpit kebudayaan modern di hati masyarakat.


Ia berpesan, agar seluruh stakeholder di Ujungberung menjaga Kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci. Sehingga pengunjung akan semakin banyak berdatangan.


“Kalau sudah konsisten dan ramai dikunjungi sangat banyak ikutannya, ekonomi akan tumbuh apalagi setelah pandemi. Sektor pariwisata menyumbang cukup besar pada PAD kota Bandung. Jadi harus konsisten,” katanya.


Kreatif Pasir Kunci ini merupakan turunan dari RPJMD Kota Bandung. Salah satunya pengembangan kampung wisata di kota Bandung sebanyak 8 kampung wisata. Sebelumya ada 5 kampung wisata kreatif di Bandung, yakni Braga, Cigadung, Binongjati, Cigondewah, Cinambo.


Sumber: bandung.go.id