Tingkatkan Kompetensi Riset Dosen, FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop ANP

Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kompetensi Riset Dosen, FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop ANP

Rabu, 16 November 2022 | 13:04 WIB Last Updated 2022-11-16T13:58:08Z


NUBANDUNG.ID
- Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Siliwangi selenggarakan Workshop Analytic Network Process di ruang rapat. Workshop dihadiri oleh peserta dari dosen-dosen jurusan Ekonomi Syariah dengan menghadirkan narasumber dari Tim Riset WaCIDS (Waqf Center for Indonesian Development & Studies:), Abrista Devi. 


Dalam kesempatan tersebut, Abrista mengingatkan tentang peran signifikan ANP dalam riset yang tengah dilakukan dan semua hal yang terkait dengan pengambilan keputusan.


"Bahwa ANP dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tidak hanya bermanfaat di dunia riset saja, melainkan semua hal yang sifatnya decision making." terangnya.


Penjelasan materi oleh narasumber mendapatkan respon yang baik dari peserta. Mereka begitu antusias dalam menerima materi, dan narasumber sangat baik dalam menjawab setiap pertanyaan peserta.  


"Metode ANP merupakan pengembangan dari metode AHP (Analytical Hierarchy Process). ANP menjawab kebutuhan pengguna seiring masalah yang bertambah kompleks dan adanya masalah yang menjadi penyebab atau disebabkan oleh masalah lainnya (circulation causation)." jelas Abrista Devi. 


"Metode ini membantu pengguna dalam pengambilan keputusan dengan memberikan prioritas atas alternatif pilihan yang ada dikaitkan dengan tujuan dan kriteria yang telah ditetapkan." sambungnya. 


Antusiasme peserta


Pada sesi kedua peserta mendapat software ANP untuk melatih mengaplikasikan ANP. Antusiasme peserta semakin tinggi pada sesi ini. 


Banyak pertanyaan yang diajukan peserta menandakan begitu menariknya workshop ini dan membuat suasana workshop begitu hidup.


Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Asep Suryanto, M.Ag. Pada saat sambutan, dia menyampaikan harapan sesuai dengan tujuan diselenggarakan workshop tersebut. 


"Dengan workshop ini, saya berharap dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan para dosen dalam metodologi penelitian, dan berharap output dari kegiatan ini dapat menghasilkan artikel terindeks bereputasi." tegasnya. *** (RLS-USL)