5 Tokoh Dunia yang Promosikan dan Ciptakan Perdamaian di Muka Bumi

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Tokoh Dunia yang Promosikan dan Ciptakan Perdamaian di Muka Bumi

Kamis, 29 Desember 2022 | 16:58 WIB Last Updated 2023-09-06T06:45:30Z


NUBANDUNG.ID
- Tokoh perdamaian adalah orang yang dikenal karena usahanya untuk mempromosikan dan menciptakan perdamaian di muka bumi. 


Perdamaian adalah kondisi di mana tidak ada perang atau konflik yang terjadi di antara negara atau kelompok. 


Ada banyak tokoh yang telah berjuang untuk menciptakan perdamaian di dunia, baik melalui diplomasi, mediasi, atau upaya lainnya.


Sebetulnya, nih, ada banyak tokoh perdamaian yang terkenal di seluruh dunia.  Tetapi, mimin redaksi hanya nyantumin 5 tokoh di bawah ini saja ya. 


Berikut ini 5 Tokoh Dunia yang Promosikan dan Ciptakan Perdamaian di Muka Bumi.


1. Mahatma Gandhi


Gandhi ialah satu dari sekian tokoh perdamaian dari negeri aktris film Bolywood, India. Ia terkenal karena usahanya untuk mengakhiri penjajahan Inggris di India melalui kekerasan non-kooperatif. 


Di sana, ia mempromosikan prinsip kekerasan non-kooperatif dan satyagraha (keberanian untuk mengatakan kebenaran) sebagai cara untuk mencapai perdamaian dan keadilan.


2. Martin Luther King Jr.


Martin Luther King Jr. adalah seorang tokoh perdamaian Afrika-Amerika yang terkenal karena usahanya untuk mengakhiri diskriminasi rasial di Amerika Serikat. 


Ia menggunakan teknik kekerasan non-kooperatif dan demonstrasi massal untuk memperjuangkan hak-hak sosial dan politik bagi orang Afrika-Amerika.


3. Nelson Mandela


Mandela adalah tokoh perdamaian Afrika Selatan yang terkenal karena usahanya untuk mengakhiri apartheid di Afrika Selatan. Ia menghabiskan 27 tahun di penjara karena perjuangannya, namun setelah bebas ia terus mempromosikan perdamaian dan keadilan sosial di Afrika Selatan.


4. Aung San Suu Kyi


Aung San Suu Kyi adalah tokoh perdamaian Myanmar yang terkenal karena usahanya untuk mengakhiri diktatur militer di negaranya. Ia telah mempromosikan prinsip-prinsip demokrasi dan hak asasi manusia di Myanmar dan terus berjuang untuk memperjuangkan perdamaian dan keadilan di negaranya.


5. Desmond Tutu


Desmond Tutu adalah tokoh perdamaian Afrika Selatan yang terkenal karena usahanya untuk mengakhiri apartheid di Afrika Selatan. Ia menjadi salah satu pendiri Komisi Keadilan dan Perdamaian dan terus mempromosikan perdamaian dan keadilan di Afrika Selatan dan di seluruh dunia.***