Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Membenci Orang Lain Sekarang Juga

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Membenci Orang Lain Sekarang Juga

Senin, 26 Desember 2022 | 11:57 WIB Last Updated 2023-09-06T06:45:30Z


NUBANDUNG.ID
- Dalam menjalani hidup ini, terkadang kita akan bertemu dengan orang yang gak satu frekuensi dengan kita. Bukan sekedar gak cocok, kita pun mungkin akan sekali, dua kali, atau beberapa kali bersiteru dengan orang tersebut. 


Bahkan hingga rasa benci dan gak suka muncul di hati kita. Akan tetapi, kebencian bukanlah hal yang sepatutnya kita pertahankan dalam diri. Bikin merugi, lima hal berikut juga akan terjadi dan hanya mendatangkan sesal dalam diri kita. 


Yuk, belajar memaafkan dan menghilangkan rasa benci sebelum terlambat. Berikut alasannya!


1. Rasa benci yang nggak tersalurkan bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu


Rasa benci bukanlah sesuatu yang bisa terlihat dan diobati dengan mudah. Ini adalah penyakit hati yang susah disembuhkan jika bukan kita yang berusaha mengatasinya. 


Itulah kenapa sebuah kebencian bisa sangat mempengaruhi kesehatan mental kita. Terlebih jika kebencian tersebut gak disalurkan dengan cara yang tepat. Memilih untuk memendamnya sekian lama akan sangat berdampak ke diri kita sendiri. 


2. Energi negatif juga ikut menyebulungimu


Bisa dipastikan, orang yang hatinya dipenuhi dengan kebencian pasti akan memiliki aura negatif yang membuat siapapun gak nyaman. Susah sekali merasa nyaman berinteraksi dengan seseorang yang punya aura negatif kebencian dalam dirinya. Gak mau, kan berada di posisi tersebut?


Kita boleh gak suka dengan seseorang dan itu adalah hal yang wajar. Tapi jangan sampai kebencian mengendap sekian lama dan membuat kita dipenuhi aura negatif. 


3. Jadi gak fokus pada diri sendiri


Kebencian yang begitu mendalam akan membuat kita terus fokus kepada perasaan negatif tersebut. Apapun yang kita lakukan jadi terpusat kepada kebencian yang dirasakan. Begitu inginnya kita membuat orang tersebut menderita hingga kita lupa bahwa diri ini juga perlu bahagia. 


Akhirnya, kita pun jadi sosok yang gak fokus ke diri sendiri. Kita kehilangan kesempatan untuk memperbaiki dan mengenal diri dengan lebih baik karena kebencian yang terlalu diutamakan. 


4. Menghabiskan waktu untuk memikirkan kebencianmu dengan sia-sia


Waktu yang dimiliki sangat berharga dan gak akan berputar kembali. Menghabiskan semuanya untuk memikirkan kebencian yang dirasakan adalah sebuah kesia-siaan. Bukannya mendatangkan manfaat, kebencian tersebut justru jadi bumerang bagi diri sendiri. 


Berbagai hal negatif akan datang satu persatu karena kita menarik semua hal itu mendekat. Ingat, pikiran dan aura yang negatif, juga akan mendatangkan hal yang serupa. 


5. Berbagai tindakan kejahatan yang merugikan diri sendiri juga bisa jadi nekat kamu lakukan


Nekat melakukan tindakan yang terlarang adalah hal terakhir yang paling gak kita inginkan untuk terjadi. Namun ini bisa aja tetap terjadi jika kita membiarkan kebencian bersarang dalam hati. Makanya, segera atasi rasa benci tersebut dengan cara yang tepat, ya. 


Yakinlah bahwa kebencian yang kita rasakan hanya merugikan diri kita sendiri. Sementara, orang yang bersangkutan mungkin masih menjalani hidupnya dengan baik-baik saja dan bahkan mungkin bahagia. 


Apapun alasannya, kebencian gak seharusnya kita pelihara. Gak berguna dan gak memberi manfaat satupun ke diri kita. Kebencian sejatinya hanya merusak, baik itu merusak hubungan, ataupun merusak mental kita sendiri. ***