Opini: Yuk Sayangi Anak Sepenuh Hati

Notification

×

Iklan

Iklan

Opini: Yuk Sayangi Anak Sepenuh Hati

Senin, 26 Desember 2022 | 18:03 WIB Last Updated 2023-09-06T06:45:30Z


Oleh: Sudarman Supriyadi,
Peminat Literasi dan Sosial-Keagamaan


NUBANDUNG.ID — Orangtua harus mencintai dan menyayangi anak dengan sepenuh hati. Tak ada alasan orangtua tidak menyayangi mereka. Anak-anak adalah amanah dari Allah SWT yang harus orangtua jaga.


Kenapa harus mencintai dan menyayangi anak sepenuh hati? Banyak orangtua–tentu lebih banyak yang baik–berubah menjadi iblis kemudian menelantarkan bahkan menghilangkan nyawa anaknya hanya karena alasan sepele. Nauudzubillahimindzalik.


Zaman memang semakin ke sini semakin edan. Melaju kencang tanpa kendali. Pengaruh negatif datang setiap saat melalui berbagai saluran. Bahkan hanya dengan memencet tombol-tombol di hape kita. Miris sekali!


Banyak orangtua yang mencintai dan menyayangi anak sepenuh hati. Namun, banyak juga orangtua yang tidak menyayangi dan mencintai anak sang buah hatinya dengan tulus.


Terkhusus bagi orangtua yang abai terhadap anak, tidak menyayangi anak, ingatlah bahwa jika anak-anak itu kelak memperlakukan orangtua dengan perlakuan yang sama, jangan salahkan anak-anak. 


Mereka merekam dan meniru perilaku buruk orangtua terhadap mereka. Mereka juga akan mengingat kejadian masa kecilnya di memori ingatannya.


Oleh karena itu, orangtua jangan memperlakukan secara buruk anak-anak kalau tidak ingin masa depan orangtua berjalan lebih suram kelak di masa tua ketika anak-anak sudah punya keluarga masing-masing.


Allah sungguh mahabaik, mahaadil, dan mahaagung untuk memberi kita anak dari pernikahan sebagai amanah sekaligus pelipur lara. Anak sebagai obat penenang dan pemberi bahagia orangtuanya.


Mengelola emosi di hadapan dan kepada anak itu sangat krusial. Hal ini harus menjadi perhatian khusus agar hubungan orangtua dengan anak bisa berjalan dengan harmonis sepanjang masa.


Hubungan harmonis orangtua dan anak akan menular kepada keluarga si anak jika dia telah berkeluarga. Itu dijamin pasti menular. Oleh karena itu, orangtua jangan mewariskan hubungan yang kurang baik karena khawatirkan si anak pun akan menularkan hal yang sama kepada keluarganya kelak.


Maka dari itu, mengelola emosi dan manajemen diri itu sangat penting. Jangan pernah membentak anak. Kalaupun terpaksa, cepat-cepatlah meminta maaf kepada mereka.


Mari, cintai dan sayangi anak kita agar bisa menularkan energi positif kepada mereka yang akan mereka kenang sepanjang hidupnya.***