5 Daerah di Kota Bandung yang Berawalan Kata ‘Ci’, Kamu Dari Mana?

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Daerah di Kota Bandung yang Berawalan Kata ‘Ci’, Kamu Dari Mana?

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:41 WIB Last Updated 2023-01-24T03:42:36Z




NUBANDUNG.ID-Inilah 5 deretan nama-nama daerah di Kota Bandung, yang berawalan dari kata ‘Ci’ yang masih jarang orang tahu.


Mungkin anda sempat mendengar, ada beberapa daerah di Kota Bandung yang berawalan dari kata ‘Ci’.


Usut punya usut, penamaan awal kata ‘Ci’ di daerah-daerah di Kota Bandung ini tidak asal, melainkan ada sejarah dibalik penamaan tersebut.


Dilansir dari Humas Bandung, Selasa (24/1/2023), berikut ini deretan 5 nama daerah di Kota Bandung yang berawalan dari kata ‘Ci’, di antaranya:


1. Cikapundung


Cikapundung adalah salah satu sungai terpanjang yang ada di Kota Bandung. Asal mula pemberian nama Cikapundung itu sendiri, berasal dari bahasa Sunda yaitu Ci dan Kapundung.


Ci di sini yaitu air atau yang sejenisnya yakni sungai, sementara itu, kapundung adalah nama tanaman kepundung.


2. Cihampelas


Siapa yang tidak tahu Cihampelas, rasanya, hampir semua warga Kota Bandung kenal dengan daerah satu ini.


Nama Cihampelas ini berasal dari ‘Ci’ yang berarti air dan 'Hampelas' yang merupakan pohon dengan daun kasar seperti ampelas.


Ampelas yang biasa digunakan untuk menghaluskan sesuatu? Betul sekali, dapat diartikan Cihampelas ini yaitu air yang memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit.


3. Cinambo


Asal mula nama Cinambo, Kota Bandung, berasal dari kata ‘Ci’ dan ‘Nambeu’. Di mana ci di sini yaitu air dan nambo adalah bekas dasar sungai atau menggenang.


Tarik mundur ke belakang pada awal ke-19, wilayah Cinambo ini berada di pinggir Rawa Gegerhanjuang.


4. Cibiru


Asal mula penamaan Cibiru, Kota Bandung, bermula pada zaman dahulu ada sebuah pohon yang jika dibelah itu mengeluarkan cairan berwarna biru.


Pohon tersebut akhirnya dijadikan referensi penamaan daerah Cibiru ini, akan tetapi, pohon tersebut hingga kini masih belum bisa dibuktikan kebenarannya.


5. Cijerah


Nama Cijerah ini diambil dari nama tokoh yang sangat berpengaruh di daerah tersebut, yakni, KH. Mama Cijerah.


Beliau merupakan ulama yang sangat tawadhu juga cerdas, dalam menyikapi berbagai persoalan. Sehingga ia sangat disegani oleh siapapun.