5 Jajanan Khas Bandung yang Enak dan Mendunia

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Jajanan Khas Bandung yang Enak dan Mendunia

Jumat, 20 Januari 2023 | 15:41 WIB Last Updated 2023-01-20T08:41:05Z


NUBANDUNG.ID
- Beberapa kuliner yang dikenal sebagai khas Bandung mulai dari peuyeum, batagor, cilok, hingga siomay sangat digemari baik tua maupun muda. 


Berikut daftar makanan khas Bandung yang enak dan mendunia.


1. Peuyeum


Peuyeum dalam bahasa Indonesia artinya tapai singkong. Mengutip situs Kemdikbud, asal mula kuliner peuyeum ini muncul dari Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.


Kala itu bahan baku peuyeum merupakan singkong yang sejak zaman penjajahan sudah dikenal masyarakat Bandung sebagai makanan pengganti nasi. Di Cimenyan pengolahan singkong kala itu dilakukan menggunakan fermentasi menggunakan bahan ragi yang kemudian menghasilkan kuliner yang dikenal dengan nama peuyeum.


Peuyeum memiliki citarasa manis dan legit.


2. Batagor


Batagor merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang juga menjadi favorit. Batagor merupakan singkatan dari 'bakso tahu goreng' yang merujuk pada bahan dan cara membuat batagor.


Batagor memiliki rasa gurih dan renyah. Saus bumbu kacang yang diberi perasan jeruk limau memberi aksen aroma dan rasa segar.


3. Siomay


Siomay adalah salah satu jenis dim sum. Siomay terbuat dari daging ikan tenggiri segar dengan komponen pembentuk tepung tapioka dan putih telur yang dibungkus dengan kulit pangsit. Siomay merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok (China).


Makanan ini dibawa oleh pedagang-pedagang dari Tiongkok menuju Indonesia, hingga saat ini makan ini selalu menjadi penghias menu tempat kuliner di Indonesia.


4. Combro


Combro atau kadang disebut comro atau gamet merupakan makanan khas Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda).


Makanan ini memiliki arti oncom di dalam. Begitu juga dengan halnya gemet yang merupakan kependekan dari dage saemet artinya dage di dalam yang artinya kurang lebih sama. Rasa combro ini gurih dan pedas.


5. Misro


Misro merupakan kue tradisional khas Sunda yang terbuat dari singkong. Kue ini konon merupakan singkatan amis di jero yang berarti manis di dalam.


Seperti namanya kue ini memiliki rasa manis dari gula merah yang terasa ketika digigit. Kue ini berbahan baku singkong parut yang digoreng.