6 Pasar yang Menjual Buku Bekas di Bandung! Pecinta Buku Wajib Ke Sini, Lho

Notification

×

Iklan

Iklan

6 Pasar yang Menjual Buku Bekas di Bandung! Pecinta Buku Wajib Ke Sini, Lho

Selasa, 03 Januari 2023 | 10:03 WIB Last Updated 2023-01-03T03:03:59Z


NUBANDUNG.ID
– Membeli buku tidak harus baru. Buku bekas pun jadi. Selain karena harganya terjangkau dan bisa ditawar, membeli buku murah tentu saja akan membuat hemat.


Jika pencinta buku jalan-jalan ke Kota Bandung, jangan lupa berkunjung ke tempat penjual buku bekas terkenal, misalnya Pasar Buku Palasari. Di sana adalah surganya buku.


Dikutip dan diolah dari laman disdik.jabarprov.go.id dan sumber lainnya, berikut beberapa tempat yang kece banget untuk berburu buku bekas di Kota Bandung. Langsung cek saja!


1. Pasar Buku Palasari


Palasari merupakan salah satu pasar buku bekas besar di Bandung. Di sini terdapat puluhan kios buku yang tentu pilihannya pun beragam. Ada berbagai jenus buku di sini, dimulai dari komik, majalah, buku pelajaran, buku rujukan kuliah, dan masih banyak lagi.


Tidak hanya buku bekas, di sini kita akan menemukan buku-buku baru juga. Pedagang di sini pun akan mencarikan buku ke kios lain jika buku yang kita minta tidak ada di kiosnya. Pasar buku Palasari terletak di Jalan Lodaya, No. 6, Kota Bandung, Jawa Barat.


2. Pasar Buku Dewi Sartika


Sesuai dengan namanya, pasar buku ini terletak di Jalan Dewi Sartika, Kota Bandung, Jawa Barat. Di sini kita dapat menemukan berbagai buku bekas yang dijajakan oleh pedagang di gerobak atau secara lesehan di pinggir jalan.


Koleksi buku di sini pun tidak kalah lengkap dengan Pasar Palasari. Di sini kita dapat mencari buku sendiri sesuai dengan keinginan. Bahkan ada juga buku bekas. Pastinya harganya terjangkau.


3. Pasar Buku Cikapundung


Pasar buku lain yang tidak kalah terkenal di Bandung adalah Pasar  Buku Cikapundung. Pasar buku ini terletak di Jalan Cikapundung Timur, dekat Museum Asia Afrika Bandung.


Walaupun pedagangnya tidak sebanyak pasar buku lainnya, pasar buku ini disebut sebagai pasar buku tertua di Bandung karena sudah beroperasi sejak 1960-an. Di sini kita dapat menemukan buku-buku antik, langka, dan banyak diburu kolektor.


4. Pasar Buku Tjihapit


Terletak di Jalan Cihapit, tidak jauh dari perempatan Jalan Cihapit, Jalan Riau (Martadinata). Kios Buku Tjihapit memiliki sekitar sepuluh ribu judul buku; banyak buku antik, novel, buku pelajaran, dan buku umum, asalkan bisa memilihnya.


Buku-buku di sini juga bisa ditawar, bergantung pada kondisi dan kelangkaan buku. Pada 1980-an, di Cihapit ada sekitar lima kios buku. Namun, saat ini yang bertahan tinggal Kios Buku Tjihapit.


5. Pasar Buku Cicadas


Kios-kios buku di Cicadas terletak di Jalan Ahmad Yani, dekat persimpangan Cikutra-Kiaracondong. Ada beberapa pedagang buku di Cicadas. Harga buku di sini dikenal bersahabat.


Kalau jeli dan sabar mencari, di sini Anda bisa menemukan buku tua dan langka. Hal yang lebih penting, kita juga harus pandai menawar harga.


6. Pasar Buku Suci


Beberapa toko buku bekas terdapat di Pasar Suci. Tempat ini berseberangan dengan Masjid Pusat Dawah Islam (Pusdai). Ada beberapa kios yang masih aktif menjual buku bekas ataupun buku baru.


Kios buku di Pasar Suci termasuk kios buku tua yang hingga kini masih bertahan. Banyak pencinta buku yang betah berlama-lama di sini untuk memilih buku bekas.


Itulah beberapa pasar buku yang terkenal dan terlengkap di Kota Bandung. Bagi Anda pencinta buku, tempat-tempat ini tidak boleh terlewatkan begitu saja. Terlalu sayang. *** (FA)