Bingung Kuliah, 7 Sekolah Keperawatan di Bandung yang Bisa Jadi Rekomendasi

Notification

×

Iklan

Iklan

Bingung Kuliah, 7 Sekolah Keperawatan di Bandung yang Bisa Jadi Rekomendasi

Kamis, 11 Mei 2023 | 13:50 WIB Last Updated 2023-05-11T06:50:37Z


NUBANDUNG.ID-Menempuh pendidikan di bidang keperawatan akan memberi keterampilan dan pengetahuan untuk menjadi perawat rumah sakit, atau untuk memasuki karir alternatif yang berkaitan dengan penelitian, praktik spesialis, atau pilihan alternatif.

Beberapa perawat bekerja di sebagian besar rumah sakit, mahasiswa keperawatan juga dapat melanjutkan studi mereka untuk menapaki jalur ke bidang keperawatan spesialis.


Di luar lingkungan rumah sakit, seorang perawat juga dapat menjadi perawat yang merawat pasien di tempat kerja, di klinik pasien, atau di pusat bedah pasien.


Dilansir dari Detik, inilah 7 daftar Sekolah Keperawatan di Bandung


1. Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Jawa Barat

Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIKep) PPNI Jawa Barat merupakan salah satu institusi pendidikan keperawatan yang diselenggarakan oleh Yayasan PNI Jawa Barat. STIKep PPNI Jawa Barat merupakan perubahan status dari Akademi Keperawatan PPNI Jawa Barat. Perubahan tersebut karena dibukanya program studi baru yaitu program studi S1 Keperawatan, sehingga saat ini STIKep PPNI Jawa Barat mempunyai dua program studi yaitu Prodi D-III dan S1 Keperawatan.


Pendaftaran calon mahasiswa baru angkatan 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka pada 1 Desember sampai 23 Februari 2023, sedangkan untuk gelombang 2 pada 1 Maret sampai 11 Mei 2023.


Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara langsung kepada panitia pendaftaran Mahasiswa Baru STIKEP PPNI Jawa Barat yang berada di Jl. Muhammad No 34 Bandung dengan membawa persyaratan pendaftaran dengan biaya pendaftaran Rp. 200.000


Informasi lebih lanjut : http://stikep-ppnijabar.ac.id/


Alamat : Jl. Ahmad 4 No.32, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung.


Maps : https://goo.gl/maps/zqGfhXQhPJFNaypA6


2. Poltekkes Kemenkes Bandung

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung ( Poltekkes Kemenkes Bandung ) merupakan Lembaga Pendidikan Vokasi dan Profesi Bidang Kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan di wilayah Jawa Barat memiliki 8 Jurusan dan 18 Program Studi yang tersebar di Kota Bandung , Kota Cimahi , Kabupaten Karawang dan Kota Bogor .


Program Studi D-III Keperawatan di Poltekkes Kemenkes Bandung telah berhasil meraih tingkat akreditasi A dari LAM-PTKes.


Informasi lebih lanjut : https://poltekkesbandung.ac.id/


Alamat : Jl. Dr. Otten No.32, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.


Maps : https://goo.gl/maps/2vUMrD1ZXFfZCFTs9


3. Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

Pada tanggal 8 Juni 2005, Fakultas Kedokteran yang sebelumnya menaungi Program Studi Ilmu Keperawatan resmi mengesahkan pembentukan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) melalui Surat Keputusan Rektor Unpad No.1020/J06/Kep/KP/2005 dan mendapat persetujuan dari Dirjen Dikti No.1827/D/T/2005 pada tanggal 1 Juni 2005. Dengan demikian, Fakultas Ilmu Keperawatan secara resmi diakui sebagai salah satu fakultas di bawah naungan Universitas Padjadjaran.


Terdapat program studi sarjana, pascasarjana dan program magister S-2 dengan akreditasi A (BAN-PT), pendaftaran dapat dilakukan melalui SNPMB dan SMUP.


Informasi lebih lanjut : https://fkep.unpad.ac.id/


Alamat : Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang.


Maps : https://goo.gl/maps/eZoMkDrkiDZ7pmKK7


4. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung


STIKes Dharma Husada Bandung didirikan pada tanggal 8 Juli 2002 dengan mendapatkan izin operasional dari Mendiknas melalui Surat Keputusan No. 127/D/O/2002. Lembaga ini menyelenggarakan enam program studi untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas.


6 Program Studi yang ada di STIKes Dharma Husada Bandung adalah S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, D-III Kebidanan, D-III Keperawatan,D-III Refraksi Optisi dan Profesi Ners.


Informasi lebih lanjut : https://stikesdhb.ac.id/


Alamat : Jl. Terusan Jakarta No.75, Cicaheum, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung.


Maps : https://goo.gl/maps/tbcLMf2a1uUW77vKA


5. Institut Kesehatan Immanuel Bandung


Pada tahun 1910, bersamaan dengan berdirinya RS Immanuel Bandung, didirikan juga pendidikan keperawatan vokasional yang berlatar belakang SR. Pada tahun 1945, RS Immanuel mendapat izin resmi dari Menteri Kesehatan sebagai penyelenggara pendidikan perawat dengan sebutan PKU.


Kemudian, pada tahun 1988, PKU berubah bentuk menjadi AKPER Immanuel, yang pada tahun 2002 berubah bentuk menjadi STIKES Immanuel Bandung, dan selanjutnya berubah menjadi Institut Kesehatan Immanuel Bandung. Selama perubahan tersebut, pengelolaan pendidikan tidak lagi bersatu dengan unit pelayanan kesehatan.


Institut Kesehatan Immanuel Bandung ini memiliki Akreditasi B untuk jurusan S1 Keperawatannya berdasarkan SK LAM-PTKes no.LAM-PTKes No: 0054/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2020.


Informasi lebih lanjut : https://institutkesehatan-immanuel.ac.id/


Alamat : Jl. Raya Kopo No.161, Situsaeur, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung.


Maps : https://goo.gl/maps/Jnz8qdY84FGGTG8g8


6. Institut Kesehatan Rajawali


Institut Kesehatan Rajawali merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali yang didirikan pada tahun 2008 dan terus berkembang dalam penyelenggaraan pendidikan untuk tetap relevan dengan kebutuhan dunia dan masyarakat yang berubah dengan cepat.


Peran penting Institut Kesehatan Rajawali adalah menghasilkan lulusan berkualitas, profesional, dan berkarakter, untuk mendukung perkembangan kesehatan di Indonesia.


Selain itu, Institut Kesehatan Rajawali menjamin pengembangan akademis, dukungan penelitian inovatif, serta peningkatan sarana, prasarana, dan lingkungan Institut Kesehatan Rajawali mencapai tingkat keunggulan nasional dan internasional.


Informasi lebih lanjut : https://rajawali.ac.id/


Alamat : Jl. Rajawali Barat No.73, Maleber, Kec. Andir, Kota Bandung.


Maps : https://goo.gl/maps/hqt2fTGVCE4oW22N8


7. Universitas 'Aisyiyah Bandung


Universitas 'Aisyiyah Bandung merupakan salah satu universitas yang menghadirkan program Studi S1 Keperawatan. Program Studi S1 Keperawatan di Unisa ini terverifikasi Akreditasi B menurut Surat Keputusan LAM-PTKes no.0021/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/2016.


Universitas 'Aisyiyah Bandung yang merupakan salah satu amal usaha Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Jawa Barat yang didirikan tahun 1972 dengan nama Sekolah Perawat Rawat (SPR) dengan surat keputusan Menteri Kesehatan RI No. 51/E.V/Pend/72 yang dikeluarkan pada tanggal 30 Juli 1972. Selama kurang lebih 9 tahun, SPR telah menghasilkan 600 lulusan yang siap memasuki dunia kerja.


Informasi lebih lanjut : https://unisa-bandung.ac.id/


Alamat : Jl. K.H. Ahmad Dahlan Dalam No.6, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung.


Maps : https://goo.gl/maps/5bMhCUxJfRTiT3yNA