Siapkan CV dan Surat Lamaran! 10 Tips Melamar Kerja Lewat JobStreet

Notification

×

Iklan

Iklan

Siapkan CV dan Surat Lamaran! 10 Tips Melamar Kerja Lewat JobStreet

Rabu, 14 Juni 2023 | 13:03 WIB Last Updated 2023-06-14T06:03:54Z

 


NUBANDUNG.ID - Jobstreet adalah salah satu platform rekrutmen online terkemuka di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Platform ini menyediakan fasilitas untuk menghubungkan antara pencari kerja dengan perusahaan yang sedang mencari karyawan. 


Melalui JobStreet, pencari kerja dapat membuat profil, mengunggah CV, dan mencari lowongan kerja  yang sesuai dengan keahlian serta minat. 


Kamu dapat menelusuri berbagai kategori pekerjaan mencari berdasarkan lokasi, industri, atau perusahaan tertentu. Pencari kerja juga dapat melamar secara online dan mengikuti proses seleksi yang ditentukan oleh perusahaan. Supaya lebih cepat mendapat pekerjaan.


Dilansir dari Yoursay, berikut ini 10 tips yang dapat membantu kamu dalam melamar pekerjaan di JobStreet:


1. Buat Profil yang Menarik


Pastikan profil JobStreet kamu terisi dengan lengkap dan menyoroti pengalaman, kualifikasi, dan keterampilan kamu yang relevan. Tambahkan juga foto profil yang profesional.


2. Sesuaikan CV dan Surat Lamaran


Sediakan CV yang terbaru dan sesuaikan dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan secara singkat tentang pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian yang relevan. Sertakan juga surat lamaran yang disesuaikan untuk setiap posisi yang kamu lamar.


3. Gunakan Fitur Pencarian


Manfaatkan fitur pencarian JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi kamu. Gunakan filter seperti lokasi, industri, dan level pekerjaan untuk menyempurnakan hasil pencarian.


4. Perhatikan Detail Lowongan Pekerjaan


Baca deskripsi pekerjaan dengan teliti dan perhatikan persyaratan dan tanggung jawab yang disebutkan. Pastikan kamu memenuhi persyaratan tersebut sebelum melamar.


5. Kirimkan Lamaran yang Menyeluruh


Ketika mengirim lamaran, pastikan untuk melampirkan CV dan surat lamaran yang terbaru. Juga, pastikan untuk menyertakan dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat, portofolio, atau sampel pekerjaan jika diminta dalam deskripsi pekerjaan.



6. Tampil Profesional dalam Profil dan Komunikasi


Pastikan bahwa profil kamu di JobStreet mencerminkan citra profesional yang baik. Jaga bahasa dan penulisan dalam komunikasi kamu dengan perusahaan, termasuk email atau pesan melalui JobStreet.


7. Pantau Pemberitahuan dan Balasan


Aktifkan pemberitahuan JobStreet sehingga kamu mendapatkan pembaruan tentang lowongan pekerjaan yang relevan. Juga, pastikan untuk memeriksa kotak masuk dan pesan JobStreet secara teratur untuk melihat tanggapan dari perusahaan terkait lamaran kamu.


8. Persiapkan untuk Wawancara


Jika Anda dipanggil untuk wawancara, persiapkan diri dengan baik. Teliti tentang perusahaan tersebut, latih pertanyaan wawancara umum, dan praktikkan jawaban kamu. Persiapkan juga pertanyaan yang ingin kamu ajukan kepada pewawancara.


9. Jaga Etika Profesional


Tetaplah sopan dan profesional dalam setiap interaksi dengan perusahaan. Tanggapi komunikasi dengan cepat dan tepat waktu, dan jaga kepercayaan yang baik dengan memberikan informasi yang akurat dan jujur.


10. Follow-up Setelah Wawancara


Kirimkan email ucapan terima kepada pewawancara setelah wawancara sebagai tanda penghargaan dan minat kamu terhadap posisi tersebut. Ini juga dapat memberikan kesempatan untuk mengingatkan pewawancara tentang kamu dan menanyakan update mengenai status lamaran.


Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat meningkatkan peluang dalam melamar kerja melalui platform JobStreet. Tetaplah gigih, terus perbarui profil dan lamaran kamu.