Tingkatkan Kualitas Artikel, AJPKM Adakan Workshop Pengabdian Masyarakat Berbasis Kajian Ilmiah

Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kualitas Artikel, AJPKM Adakan Workshop Pengabdian Masyarakat Berbasis Kajian Ilmiah

Selasa, 20 Juni 2023 | 23:30 WIB Last Updated 2023-06-21T01:53:19Z


NUBANDUNG.ID-Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) menyelenggarakan Workshop “Program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Kajian Ilmiah” dengan menghadirkan narasumber: Prof. apt. Mochtaridi, Ph.D, Fakultas Farmasi Unpad, Hidayat Arifin, S. Kep., Ns., M.Kep., Fakultas Keperawatan Unair dan Prof. Dr. Ir. Komang G. Wiryawan, Ph.D., Fakultas Peternakan IPB yang berlangsung di UTC Hotel Bandung.


Dalam sambutannya, Prof. Rajab Ritonga, selaku dewan pembina AJPKM, mendorong AJPKM untuk aktif berperan dalam menghadapi tantangan dalam pengelolaan jurnal, terutama jurnal pengabdian.


Ia mengajak AJPKM untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menjawab kebutuhan masyarakat melalui pengelolaan jurnal pengabdian yang berkualitas. “Tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada panitia workshop atas usahanya dalam menyelenggarakan workshop ini. Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan dapat mengadakan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya di masa depan,” tegasnya, Selasa (20/6/2023)


Rizki Wahyudi, M.Kom, selaku sekjen AJPKM, pada pengantar kegiatan, menyampaikan bahwa Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas artikel luaran kegiatan pengabdian serta memberikan wawasan dan pengetahuan tentang penyelenggaraan kegiatan pengabdian berbasis kajian ilmiah.


“Kegiatan ini tidak hanya ditujukan kepada para pengelola jurnal, tetapi juga kepada para penulis artikel jurnal pengabdian.Dalam workshop ini, para penulis artikel jurnal pengabdian juga akan mendapatkan manfaat yang besar dalam meningkatkan kualitas penulisan dan publikasi hasil kegiatan pengabdian,” tuturnya.


Workshop ini menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya. Narasumber pertama, Prof. Mochtaridi, membawakan tema “Penyelenggaraan Kegiatan Pengabdian Berbasis Kajian Ilmiah”. Ia berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang bagaimana mengorganisir kegiatan pengabdian yang didasarkan pada kajian ilmiah yang kuat.


Selanjutnya, Hidayat Arifin akan menjadi narasumber kedua dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah luaran Kegiatan Pengabdian”. Peserta workshop akan mempelajari strategi penulisan artikel ilmiah yang baik untuk luaran kegiatan pengabdian mereka kepada masyarakat. “Penulisan artikel yang berkualitas dapat membantu menyebarkan pengetahuan dan hasil penelitian kepada khalayak yang lebih luas,” ujarnya.


Narasumber ketiga, Prof. Dr. Ir. Komang G. Wiryawan, membawakan tema “Akreditasi Jurnal Ilmiah”. Sesi ini memberikan pemahaman mendalam tentang proses akreditasi jurnal ilmiah dan pentingnya mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal yang terakreditasi. Pada kesempatan tersebut Prof Komang, juga menegaskan tidak ada perbedaan jurnal penelitian dan pengabdian, baik secara sistematika dan harus memiliki kebaruan.


Diharapkan, melalui Workshop “Program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Kajian Ilmiah” ini, peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pengabdian berbasis kajian ilmiah, penulisan artikel ilmiah, dan proses akreditasi jurnal. “AJPKM berharap workshop ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas jurnal pengabdian,” pungkasnya.