Ziarah Budaya DKKG! Makam Bupati Bandung Ke-2 di Garut Jadikan Cagar Budaya

Notification

×

Iklan

Iklan

Ziarah Budaya DKKG! Makam Bupati Bandung Ke-2 di Garut Jadikan Cagar Budaya

Sabtu, 24 Juni 2023 | 08:58 WIB Last Updated 2023-06-24T02:20:35Z


NUBANDUNG.ID
– Pelaku dan penggiat budaya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang tergabung dalam Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) bersama Wakil Bulati Garut melaksanakan kegiatan Ziarah Budaya.


Ziarah Budaya ini berlangsung di Makam Astana Kalong, Situs Makam Raden Tumenggung Ardikusumah Bupati Bandung ke-2 (Demang Timbanganten) di Kampung Sirnagalih, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Taragong Kaler, Rabu (21/6/2023).


Ketua DKKG Irwan Hendarsyah mengatakan, hari ini pihaknya melakukan kegiatan Ziarah Budaya. Dimana ziarah ini untuk memastikan dan melihat langsung ada peninggalan sejarah yaitu Makam Raden Tumenggung Ardikusumah, Bupati Bandung ke-2. 


Makam bersejarah tersebut merupakan keturunan Timbanganten dan merupakan awal sejarah dari Kabupaten Garut.


"Kami berharap agar makam ini dijadikan warisan budaya atau cagar budaya dari Pemerintah tingkat provinsi, karena bupati ini merupakan Bupati Bandung ke-2," katanya.


Dikatakan Irwan, pihaknya akan mendorong Dinas Parawisata Kabupaten Garut untuk bersama-sama mendorong makam ini menjadi situs budaya tingkat provinsi. Maka dari itu, imbuh Irwan, perlu adanya kerjasama antara provinsi dan kabupaten.


"Jadi kita konsentrasi di sini, agar kita tahu bahwa sejarah Kabupaten Garut ini tidak terlepas dari Timbanganten, karena merupakan cikal bakal dari Kabupaten Garut," pungkasnya.


Sementara itu Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyebut, kegiatan yang di gagas DKKG ini sangat positif. Jadi dewan kebudayaan itu yang terkait budaya, warisan leluhur, situs-situs dan tentu ada nilai sejarahnya.


"Dari sini bisa membangkitkan semangat, bisa juga menjadikan ilmu pengetahuan, ini sangat penting diketahui, dipahami oleh masyarakat kita. Jadi yang memelihara dari Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut. Saya ucapkan terimakasih yang telah berupaya mempertahankan ini sebagai situs dan memperjuangkan ini sebagai cagar budaya," katanya.***