9 Manfaat Welas Asih bagi Kebahagiaan Kolektif Umat Manusia

Notification

×

Iklan

Iklan

9 Manfaat Welas Asih bagi Kebahagiaan Kolektif Umat Manusia

Kamis, 27 Juli 2023 | 09:22 WIB Last Updated 2023-09-06T06:45:29Z


WELASASIHMDIA.ID
- Bagaimana cara hidup bahagia yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun dunia? Welas asih jawabannya. Pemahaman Welas asih – Sama seperti udara yang kita hirup, welas asih sangat penting dalam kehidupan. 


Tanpa adanya belas kasih, maka perbuatan mulia, heroik, dan tanpa pamrih tidak akan ada dalam sejarah. Bayangkan saja dunia tanpa adanya tokoh-tokoh berbudi luhur, seperti Mahatma Gandhi dan Nelson Mandela. 


Bayangkan dunia tanpa individu-individu yang rela mengorbankan nyawa mereka demi melindungi orang lain di kala perang. Bayangkan dunia tanpa orang-orang yang berani terjun ke dalam bahaya untuk mengakhiri masa-masa traumatis. Tidak bisa dibayangkan, bukan?


Sayangnya, di zaman modern ini, sifat belas asih perlahan-lahan terkikis. Banyak orang lebih mementingkan diri sendiri ketimbang orang lain atau malah sebaliknya. Untuk bisa bahagia, padahal kamu harus benar-benar paham tentang pengertian dan manfaat belas kasih. Berikut penjelasannya! 


Dilansir oleh Positive Psychology, berikut beragam manfaat dari sikap belas kasih yang sudah terbukti secara ilmiah:


1. Belas kasih berkaitan dengan kesejahteraan hidup yang lebih baik. Cinta yang penuh belas kasih dapat membantu pasien untuk bertahan hidup.


2. Berwelas asih bisa meningkatkan kebahagiaan, rasa penasaran, optimisme, inisiatif positif, dan kebijaksanaan.

3. Belas kasih meningkatkan hubungan sosial antara orang dewasa dan anak-anak. Hubungan sosial penting untuk meningkatkan fungsi adaptasi manusia. Hal ini karena belas kasih berhubungan dengan empati, kesejahteraan, harga diri, dan orientasi interpersonal yang lebih tinggi.

4. Berwelas asih kepada diri sendiri dapat mengurangi dampak negatif dari stres.

5. Belas kasih pada diri sendiri mengurangi burnout dan menjaga kualitas adaptif di antara para ahli medis. Tidak biasa berwelas asih dan terlalu sering mengkritik diri sendiri cenderung meningkatkan depresi.

6. Berwelas asih dapat meningkatkan kerja sama dan pembelajaran di ruang kelas. Murid yang berwelas asih kepada gurunya akan meningkatkan kepuasan kerja, komitmen berorganisasi, dan kekuatan emosional sang guru.

7. Belas kasih yang dilakukan dalam profesi pelayanan berkaitan dengan meningkatnya kesehatan dan kebugaran.

8. Belas kasih pada diri sendiri bisa menurunkan gejala PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder). Seorang dokter yang berwelas asih dapat menurunkan kecemasan pasien.

9. Belas kasih mampu membantu meningkatkan kedekatan orang tua dan anak.


Itulah manfaat welas asih yang penting untuk dimengerti. Baik berwelas asih kepada diri sendiri maupun orang lain, semuanya sama-sama berguna untuk menghindarkanmu dari dampak-dampak negatif di masa depan. 


Belas kasih juga memegang kunci penting dalam segala sektor kehidupan, termasuk pekerjaan di bidang pelayanan.***