Koneksi Santai Persahabatan Dekat

Notification

×

Iklan

Iklan

Koneksi Santai Persahabatan Dekat

Rabu, 02 Agustus 2023 | 10:31 WIB Last Updated 2023-09-06T06:45:29Z

 


NUBANDUNG.ID
- Terbukti bahwa persahabatan dekat lebih sulit dilakukan sebagai orang dewasa. Tapi jangan dipikirkan: inilah yang dapat Anda lakukan untuk menyederhanakan prosesnya.


Jadi, Anda telah menjalin hubungan pertama dengan seseorang yang Anda anggap sebagai teman baik—sekarang bagaimana Anda membawa hubungan itu ke tingkat berikutnya?  


Jika Anda merasa bahwa menjalin persahabatan yang kuat sebagai orang dewasa lebih sulit daripada saat Anda masih muda, Anda tidak sendiri. Nyatanya, penelitian sosiologis menunjukkan bahwa unsur-unsur penting dalam membangun persahabatan lebih sulit diperoleh di masa dewasa. 


Bahkan sekadar pertemanan biasa dapat membutuhkan waktu berkualitas hingga 50 jam , yang merupakan pertanyaan besar saat Anda menangani pekerjaan, hubungan, keluarga, dan semua tanggung jawab Anda yang lain.  


Terlepas dari tantangan sehari-hari yang dapat meyakinkan Anda untuk melupakan pertemanan baru, upaya yang Anda lakukan akan sepadan dengan hasilnya! 


Ambil kata Mayo Clinic untuk itu: persahabatan memperkaya hidup Anda dengan meningkatkan rasa memiliki, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, membantu Anda bertahan melewati masa-masa sulit, dan masih banyak lagi.   


Dengan panduan sederhana ini, pelajari cara beralih dari kenalan ke teman dengan lebih berhasil dan dalam waktu yang lebih singkat.  


Posisikan diri Anda untuk bertemu orang-orang yang berbagi minat Anda. 


Terhubung melalui kesamaan yang Anda miliki bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan teman baru, tetapi ini adalah metode yang dicoba dan benar karena suatu alasan. Gairah atau hobi Anda memberi Anda jaring pengaman bawaan dalam situasi sosial apa pun. 


Apakah Anda takut tidak tahu harus berkata apa saat Anda keluar bertemu orang baru? Nah, bayangkan Anda adalah superfan Sex in the City dan Anda menghadiri malam trivia Sex and the City — percakapan akan mengalir begitu alami sehingga Anda akan kehilangan kecemasan dan hadir sepenuhnya pada saat itu. 


Baik itu acara HBO, membuat sketsa , hiking , atau apa pun, minat bersama Anda akan menjadi basis pertemanan baru Anda. Seiring waktu, Anda dapat mulai bercabang dengan mantap. 


Niat dan tindak lanjuti 


Tidak perlu menyembunyikannya—jika Anda memulai percakapan yang menarik dengan seseorang dan ingin mengobrol lebih banyak dengannya di masa mendatang, Anda bisa mengatakannya! Tanyakan orang lain apakah mereka merasa nyaman untuk bertukar info kontak. 


Petunjuk: beberapa bentuk info kontak lebih santai daripada yang lain. Dalam beberapa kasus, mungkin lebih tepat untuk menjadi pengikut timbal balik di Instagram atau bertukar email, daripada langsung bertukar nomor telepon. Gunakan saja penilaian terbaik Anda.  


Setelah menetapkan cara baru untuk berkomunikasi, Anda dapat menindaklanjuti dengan menyarankan jalan-jalan. Anda tidak perlu membuat isyarat besar—pikirkan saja tentang apa yang awalnya Anda berdua hubungkan, dan ikuti utas itu. 


Jika Anda berdua adalah pembaca yang hebat, Anda dapat mengunjungi toko buku lokal atau menghadiri klub buku. Anda bahkan dapat membuat klub buku Anda sendiri dan mengundang teman baru Anda untuk membantu mengaturnya!  


Bersikaplah fleksibel, siap sedia, dan cobalah untuk tidak membaca terlalu banyak tentang pembatalan. 


Teman Anda mungkin tidak dapat melakukan hangout yang Anda sarankan, atau bahkan harus membatalkan setelah Anda mengatur rencana. Jangan menyerah pada koneksi baru ini dulu. Tempatkan diri Anda pada posisi mereka—Anda tahu hidup bisa sangat sibuk dan tidak dapat diprediksi. 


Jika rencana Anda gagal karena alasan apa pun, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menerimanya dengan anggun, dan memeriksa kembali nanti untuk menjadwal ulang. Teman baru Anda akan menghargai fleksibilitas Anda.  


Dengar, dengar, dengar  


Orang merasa dekat dengan mereka yang menunjukkan minat yang tulus pada mereka. Jadi perhatikan apa yang terjadi dalam hidup teman Anda. Jika mereka akan berulang tahun, kirimi mereka pesan selamat ulang tahun. Jika mereka memulai pekerjaan baru, tanyakan bagaimana mereka menyesuaikan diri. 


Anda tahu bagaimana rasanya berbicara dengan seseorang yang tidak terlalu memperhatikan atau hanya menunggu giliran berbicara. Jangan menjadi orang itu. 


Dalam percakapan normal, ada hal-hal kecil namun signifikan yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar terlibat dengan teman Anda, mulai dari bahasa tubuh hingga mengajukan pertanyaan lanjutan.  


Cobalah 


Persahabatan dekat tidak terjadi dalam semalam. Mungkin perlu beberapa kali jalan-jalan sebelum Anda merasa dekat dengan seseorang. Itu benar-benar normal! 


Mungkin ada beberapa momen canggung dalam perjalanan dari orang asing menjadi teman dekat. Ini adalah proses yang membutuhkan sedikit usaha dan sedikit kesabaran. Bertemu orang saja membutuhkan latihan, dan begitu Anda berteman, perlu kerja keras untuk mempertahankan persahabatan itu. 


Tetapi pekerjaan itu tidak sia-sia—waktu dan energi yang Anda dedikasikan untuk menciptakan hubungan dekat adalah investasi untuk kebahagiaan Anda sendiri. Jadi tempatkan diri Anda di luar sana, terapkan tip sederhana ini untuk berteman dan mulailah menjalani hidup sepenuhnya.***


Penulis: James Quigley Laman meetup.com