Resep dan Cara Membuat Cilok Khas Bandung. Lezat dan Nikmat, Lho

Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Membuat Cilok Khas Bandung. Lezat dan Nikmat, Lho

Minggu, 13 Agustus 2023 | 16:10 WIB Last Updated 2023-08-13T09:15:14Z

  



NUBANDUNG.ID Kalau kamu bosan jajan aci dicolok (cilok) yang ada di pinggir jalan, bisa membuat cilok sendiri di rumah lho. Tidak perlu khawatir atau bingung karena cara membuat cilok itu cukup mudah.


Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasannya.


Bahan-bahan


- Siapkan 250 gram tepung tapioka

- Siapkan 250 ml air

- Siapkan 1/2 sendok teh garam

- Siapkan 2 siung bawang putih, haluskan

- Siapkan air untuk merebus cilok



Bahan-bahan saus kacang


- Siapkan 100 gram kacang tanah (digoreng)

- Siapkan 2 siung bawang putih (haluskan)

- Siapkan 1 sendok makan kecap manis

- Siapkan 1/2 sendok teh gula pasir

- Siapkan 1/4 sendok teh garam

- Siapkan air secukupnya


Cara Membuat Cilok Enak: Campurkan tepung tapioka, air, garam, dan bawang putih halus dalam sebuah wadah. Aduk adonan hingga tercampur rata dan menjadi kalis. Anda juga bisa menggunakan tangan atau sendok kayu untuk mengaduknya.


Didihkan air dalam panci besar. Sambil menunggu air mendidih, siapkan wadah berisi air dingin untuk merendam cilok nanti.


Ambil sejumput adonan cilok dan bulatkan di antara dua sendok atau tangan. Jika ingin variasi, Anda bisa menambahkan isian di tengah adonan, seperti daging cincang dan irisan tahu.


Setelah air mendidih, masukkan cilok satu per satu ke dalam panci. Rebus cilok hingga mengapung, ini menandakan cilok sudah matang. Angkat cilok dan segera rendam dalam wadah berisi air dingin. Ini akan membuat cilok kenyal dan menghentikan proses memasak lebih lanjut.


Ulangi langkah 3 dan 4 hingga semua adonan cilok habis. Saus kacang: Haluskan kacang tanah yang sudah digoreng hingga menjadi pasta kacang. Tambahkan bawang putih halus, kecap manis, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Tambahkan air secukupnya hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.


Sajikan cilok dengan saus kacang. Taburi dengan bawang goreng atau daun seledri sebagai hiasan. Bagaimana, cara membuat cilok di rumah itu sangat mudah, bukan? Anda juga bisa menyesuaikan bumbu dan isian sesuai dengan selera pribadi. Selamat mencoba di rumah.***