Strategi Penyebaran Islam di Tatar Sunda, Ini 6 Istri Sunan Gunung Jati

Notification

×

Iklan

Iklan

Strategi Penyebaran Islam di Tatar Sunda, Ini 6 Istri Sunan Gunung Jati

Rabu, 30 Agustus 2023 | 12:40 WIB Last Updated 2023-08-30T05:40:59Z


NUBANDUNG.ID
-- Mengenal 6 nama istri Sunan Gunung Jati akan dibahas dalam artikel ini. Tokoh penyebar agama Islam di daerah Jawa Barat khususnya Cirebon memiliki kisah unik. 


Sunan Gunung Jati atau yang bernama asli Syarif Hidayatullah ini memanfaatkan pernikahan sebagai media penyebaran agama Islam. 


Hal itu sejalan dengan pendapat M.C. Ricklefs dalam buku Sejarah Indonesia Modern 1200-2004, yang mengatakan bahwa jalinan pernikahan menjadi salah satu cara efektif untuk menyebarkan ajaran Islam. 


Sunan Gunung jati sendiri tak hanya memiliki seorang istri, melainkan ada enam istri. Dikutip dari Oke Zone, berikut 6 nama dari istri Sunan Gunung Jati sang penyebar agama Islam di tanah Sunda.


1. Nyi Gedeng Babadan


Sebelum menikah, Sunan Gunung Jati diketahui menimba ilmu kepada Pangeran Makdum, anak dari Raja Andalusia. Seusai menimba ilmu, sang guru pun memerintahkannya untuk berjalan ke arah barat.


Di sana, Sunan Gunung Jati diwajibkan bertemu dengan Gedeng Babadan yang bernama asli Maulana Huda. Tak hanya itu, Pangeran Makdum juga meyakini muridnya ini akan bertemu dengan jodohnya


Kedatangan Sunan Gunung Jati rupanya memberikan berkah bagi Maulana Huda yang kala itu wilayahnya dirundung kekeringan. Atas bantuan sang calon murid, tanahnya kembali subur.


Alhasil, ia pun menerima Sunan Gunung Jati sebagai murid dan menjodohkannya dengan putrinya, Nyi Gedeng Babadan. Pernikahan yang diselenggarakan pada 1471 M ini menjadi pernikahan pertama dan Nyi Gedeng Babadan diyakini sebagai istri pertamanya.


2. Nyi Mas Kawunganten


Nyi Mas Kawunganten adalah istri kedua Sunan Gunung Jati. Ia merupakan putri dari Ki Gedeng Kawunganten. Dalam naskah Purwaka Caruban Nagari, Arya Carbon menuliskan bahwa pernikahan keduanya berlangsung pada 1475 M. 


Dari pernikahan ini Sunan Gunung Jati dikaruniai dua orang anak, yakni Ratu Winaon yang lahir pada 1477 M dan Pangeran Saba Kingkin (Sultan Hasanudin) yang lahir pada 1479 M.


3. Nyi Mas Pakung Wati


Putri dari Pangeran Walang Sungsang yang merupakan uwak dari Sunan Gunung Jati menjadi istri ketiganya. Nyi Mas Pakung Wati dinikahkan dengan sang wali pada 1479 Masehi.


4. Syarifah Baghdadi


Adik dari Maulana Abdurrahman atau Pangeran Panjunan menjadi istri Sunang Gunung Jati selanjutnya. Sulendra Ningrat dalam catatannya menuliskan pernikahan antara Sunan Gunung Jati dengan Nyi Syarifah Baghdadi pada 1484 M.


Dari pernikahan keempatnya ini, Sunan Gunung Jati memperoleh dua anak. Yakni, Pangeran Jaya Kelana yang lahir pada 1486 M, dan Pangeran Brata Kelana yang lahir pada 1489 M.


5. Putri Ong Tien Nio


Sunan Gunung Jati juga dikisahkan menikahi putri dari kaisar Tionghoa, yang bernama Ong Tien Nio pada tahun 1485 M. Putri Ong Tien Nio sendiri setelah menikah mengganti nama menjadi Nyi Mas Rara Sumanding. Sayangnya pernikahan ini tak lama sebab sang istri diketahui meninggal di usia muda.


6. Rara Tepasan


Selepas meninggalnya Nyi Gedeng Babadan, Nyi Mas Pangku Wati, dan Ong Tien, Sunan Gunung Jati kembali menikah dengan Rara Tepasari. Rara Tepasan adalah salah satu putri dari Ki Gedeng Tepasan.


Dari pernikahan ini Sunan Gunung Jati diketahui dikaruniai dua orang putra. Yakni Ratu Ayu Wanguran dan Pangeran Pasarean.


Itulah 6 nama istri Sunan Gunung Jati sang penyebar Islam di tanah Sunda.***