6 Minuman Khas Bandung yang Manis dan Lezat, Wajib Kamu Coba Saat Berwisata

Notification

×

Iklan

Iklan

6 Minuman Khas Bandung yang Manis dan Lezat, Wajib Kamu Coba Saat Berwisata

Jumat, 01 September 2023 | 12:47 WIB Last Updated 2023-09-01T05:47:54Z


NUBANDUNG.ID
-- Bandung merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Kota yang dikenal dengan sejarah "Bandung Lautan Api" ini, ternyata menyimpan banyak warisan budaya dan kuliner, salah satunya yakni minuman khas Bandung. 


Saat berwisata ke Bandung, tentu kurang jika belum merasakan minuman khas Bandung. Berbagai minuman hadir baik dingin maupun hangat yang mempermanis suasana kunjungan ke Bandung. Minuman khas Bandung hadir dalam berbagai kreasi. 


Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini minuman khas Bandung yang dapat menjadi pilihan. 


1. Bandrek 


Bandrek adalah minuman khas Bandung yang sudah terkenal hingga ke luar daerah. Hal yang paling populer dari minuman ini adalah manfaatnya untuk tubuh. Minuman ini terbuat dari gula merah, kayu manis, jahe dan cengkeh yang diseduh dalam air. 


Bandrek dapat dinikmati dengan susu kental manis. ad Rempah-rempah pokok minuman ini adalah jahe dan gula merah. Namun di beberapa tempat, banyak yang memadukan kedua bahan makanan tersebut dengan serai, pandan, telur, merica, dan susu. 


Minuman ini sangat baik untuk tenggorokan. Bandrek dapat menenangkan tenggorokan yang sedang radang. Bandrek kerap disajikan bersama kacang rebus, ubi rebus, dan gorengan. 


2. Bajigur 


Bajigur merupakan minuman khas Bandung yang berbahan dasar gula merah dan sedikit santan. Sekilas, minuman ini mirip dengan Bandrek Advertisement Bajigur juga kerap disajikan dengan air hangat dengan kacang rebus sebagai pendampingnya. 


Menikmati keindahan Kota Bandung dengan mengonsumsi Bajigur menjadi perpaduan yang menarik.  


3. Cendol 


Cendol merupakan minuman khas Bandung yang sudah tidak asing lagi. Minuman yang dibuat dari adonan tepung beras serta diberi pewarna alami berwarna hijau ini membuat minuman tersebut semakin menarik. Cendol disajikan dengan gula merah cair dan santan. 


4. Cincau 


Minuman khas Bandung yang tak kalah menarik dan terkenal adalah Cincau. Minuman yang identik dengan warna hitam ini terbuat dari daun cincau. Minuman ini, biasanya disajikan dengan es dan dicampur gula serta santan. Cincau kerap dikonsumsi saat siang hari. 


5. Es Goyobod


Es Goyobod terbuat dari tepung hunkwe. Tepung tersebut direbus kemudian dipotong kotak-kotak. Minuman khas Bandung kali ini sekilas mirip dengan es campur. Es Goyobod juga disajikan dengan potongan buah seperti alpukat, kelapa, gula kawung, dan lain sebagainya. 


Es ini disajikan dengan mangkuk besar dengan berbagai buah manis yang menyegarkan. Kata Goyobod berasal dari Bahasa Belanda yang artinya 'basah'. Salah satu bahan yang menonjol dalam Es Goyobod ini adalah Tepung Hunkwe. 


Tepung Hunkwe adalah tepung yang terbuat dari sari pati kacang hijau. Warna tepung ini yakni putih dengan tekstur lebih kasar daripada tepung terigu. Adonan yang kenyal dan manis hadir dalam Es Goyobod. 


6. Es Lilin 


Es Lilin merupakan minuman khas Bandung yang dikenal sejak dahulu. Minuman atau jajanan yang kerap dibeli anak-anak ini terbuat dari gula dan santan serta bahan lain seperti kacang ijo. 


Rasanya yang nikmat dan segar membuatnya dikenang hingga kini. Itulah minuman khas Bandung yang dapat dinikmati pengunjung saat berwisata ke Bandung.***