Rektor UIN Bandung: Asesmen Lapangan BAN-PT, Momentum MKS Raih Kualitas Terbaik

Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor UIN Bandung: Asesmen Lapangan BAN-PT, Momentum MKS Raih Kualitas Terbaik

Rabu, 27 September 2023 | 20:37 WIB Last Updated 2023-09-27T13:37:01Z



NUBANDUNG.ID - Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag menegaskan bahwa Asesmen Lapangan (AL) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Prodi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menjadi momentum bagi prodi ini untuk memperoleh kualitas yang lebih baik lagi.


“Karenanya, kami berharap kepada tim Akreditasi MKS untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya dan secepat-cepatnya, agar mendapatkan hasil terbaik untuk prodi MKS,” harap Rektor saat membuka kegiatan AL Prodi MKS yang digelar secara hybrid di Aula FEBI UIN Bandung, Rabu (27/09/2023). 


Tampak hadir dalam AL ini Wakil Rektor I UIN SGD Dr. Dadan Rusmana, M.Ag; Dekan FEBI Dr. H. Dudang Gojali, M.Ag beserta jajaran dekanat; Ketua LPM UIN SGD; Ketua LP2M UIN SGD; para ketua/sekretaris jurusan; para dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. 


Rektor tak lupa mengucapkan selamat datang kepada tim asesor BAN-PT: Dr. H. Muhammad Fakhri Husen, SE, M.Si (UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta)) dan Dr. Busriyanti , M.Ag (UIN Kiai Haji Achmad Sidiq, Jember). 


Juga berterima kasih kepada Ketua Prodi MKS Dr. H. Dadang Husen Sobana, M.Ag dan sekretaris Vemy Suci Asih, ST, M.E.Sy, beserta semua yang terlibat dalam asesmen, panitia borang, dan pimpinan di lingkungan FEBI. “Semoga asesmen ini membawa berkah bagi prodi MKS, FEBI, dan UIN Bandung,” tuturnya. 


Menurut Rektor, akreditasi itu biasa-biasa saja dan merupakan kegiatan rutin, diselenggarakan 5 tahun sekali. Hakikatnya sebuah pengakuan mutu Prodi MKS dari penilaian internal dan eksternal. 


“Kami berharap dalam dua  hari ke depan tim bisa bekerja sama yang baik dalam menyiapkan berbagai informasi yang dibutuhkan kedua asesor. Dan, semoga Prodi MKS mendapatkan nilai yang terbaik,” ujar Rektor. 


Dalam sambutannya, kedua Asesor menjelaskan bahwa tujuan AL itu membantu prodi untuk pengembangan ke depan, dengan memverifikasi laporan kinerja prodi yang telah diajukan ke BAN PT melalui borang, apakah sesuai fakta dan data di lapangan? 


“Kita hanya ingin tahu fakta di lapangan, apakah sudah sesuai?  Jika dari prodi ada yang belum dibuat laporannya bisa ditambahkan datanya,” ujar Dr. Fakhri.


Asesor berharap, tim Prodi MKS dapat bersinergi. Jika diminta data yang dibutuhkan dimohon ada kerjasama yang baik untuk segera dipenuhi. Dalam verifikasi data, nanti akan ada masukan untuk memperbaiki yang kurang dan meningkatkan hal yang baik agar menjadi prodi yang baik pula.