Resep dan Cara Memasak Lotek Bandung yang Renyah dan Gurih

Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Memasak Lotek Bandung yang Renyah dan Gurih

Jumat, 22 September 2023 | 13:12 WIB Last Updated 2023-09-22T06:12:49Z


NUBANDUNG.ID
- Lotek Bandung mirip gado-gado dengan bumbu kencur yang kuat. Racikan sayuran rebus dengan saus kacang ini bisa jadi pilihan menu makan siang sehat.


Serupa dengan gado-gado, lotek Bandung dijajakan di kaki lima. Ada yang menjual dengan bumbu kental dan ada juga yang memakai bumbu kering sehingga lebih renyah.


Racikan sayuran bisa dipilih sesuai selera. Umumnya memakai bayam/kangkung, kacang panjang, labu siam, daun kol dan tauge. Pelengkap yang tak boleh ketinggalan adalah kerupuk kanji.


Bumbu atau saus lotek mirip dengan gado-gado hanya saja memakai lebih banyak kencur hingga wangi aromanya. Aduk sayuran dengan bumbu saat akan disajikan agar tak berair. Cara membuat selengkapnya bisa dilihat di resep berikut ini.


Resep Lotek Bandung, sayuran rebus berbumbu kacang ini cocok untuk menu makan siang yang menyehatkan.


Bahan Bahan


- 100 g daun kangkung

- 5 helai kacang panjang, potong-potong

- 1 buah labu siam muda, potong-potong

- 5 lembar daun kol, iris kasar

- 100 g tauge


Bumbu:


- 200 ml air matang

- 3 buah jeruk limau,ambil airnya


Haluskan:


- 100 g kacang tanah sangrai/goreng

- 2 siung bawang putih

- 3 cm kencur tua

- 1 sdt terasi goreng

- 1 potong kecil gula merah

- 2 sdt garam


Pelengkap:


- kerupuk kanji

- bawang merah goreng


Cara Memasak: 


Rebus masing-masing sayuran hingga hampir lunak. Rendam air dingin lalu tiriskan. Seduh tauge dengan air panas hingga layu lalu tiriskan. Campurkan bumbu halus dengan air matang, air jeruk limau dan aduk hingga menyatu dan kental. 


Aduk sayuran dengan Bumbu sesaat akan disajikan. Taburi bawang merah goreng dan sajikan dengan keurpuk kanji, sesuai selera.


Untuk mendapatkan bumbu lotek yang harum sedap, gunakan kencur yang tua umbinya. Jangan merebus sayuran terlalu lunak atau lonyot agar warnanya tetap cantik dan renyah segar rasanya.***